Traveling to Puncak By Angkot 2011-10

Puncak By Angkot Day 1

Berfikir bagaimana caranya ngajak suami gw yang belum pernah ke puncak, udah beberapa kali coba dan gagal melulu karena selalu pas sampe belokan ciawi tuh padat dan mampet, gw selalu males dan gak tahan nunggu disitu lama (harusnya sih cek jam buka tutup dlu sih) alhasil putar balik ke bogor deh atau ke Bandung, soalnya klu naik mobil selalu rencana jam berapa trus jalannya jam berapa, yang ada selalu molor alias kesiangan karena pas tau kita mau bawa mobil ke puncak seperti magnet yang bisa buat ponakan, sepupu, nyokap, om-tante hehe mao pada ikut jadi pada saling nunggu2 an jadi lah pasti telat. hadehhh.

Setelah dipikir2 akhirnya kita (Gw ama suami gw) memutuskan untuk ngeteng aja ahh alias naik angkot, udah pengumuman ama sepupu, ponakan, yang tadi kalo mau bawa mobil ngintil. "euyy pada mao ikut ga kepuncak yuk naek angkot" dan pas tau mau naek angkot semua pada mundur teratur haha dasarrr.
Berbekal pengalaman jaman muda dlu waktu masih imut2 dan semangat2nya kuliah dan ikut UKMK (unit kegiatan mahasiwa Kristen) setiap mau ada acara Retreat (Tiap tahun) selalu harus survei lapangan dulu dan cari2 Villa untuk tempat kita retreat, dan kalo gak ada mobil yang bisa dipinjem dari bokap ato kakaknya kita ya pada naik bis/ angkot surveynya. hadeh tapi waktu gw mahasiswa udah berapa ratus tahun lalu dunk sekarang pasti udah beda haha engga dehhh.
Penasaran cek harga angkot sekarang berapa ya gw selalu minta bantuan si Google ini, supaya gw gak dikibulin supir angkot hehe soale suami gw warna kulit ama rambutnya beda. Setelah googling dan dapat referensi berapa harga angkot sekarang (2011) akhirnya.. sabtu 22 oktober berangkatlah gw dan suami ke Puncak, and here come the adventure

Pagi itu kita berangkat jam 6 pagi dari rumah ke tanah abang yang rencana kita mau naik commuter Line alias KRL ke Bogor dulu dengan biaya Rp 7000/orang salah satu transportasi umum favorit gw ini ya commuter line karena selain cepat dan pastinya gak  macet (Kecuali Hujan yaa), sekitar 15 menit nunggu kereta datang, here come the train ,great and hop in dan kosong (masih pagi kali yee pan Sabtu juga), perjalanan makan waktu gak sampai 1 jam an kita tiba di stasiun bogor, setelah keluar stasiun kita milih jalan sedikit keluar di jalan raya biar kita gak di interogasi dan dikerumunin supir angkot yang pastinya suka kadang2 maksain carter dan ngetem lama paling males deh ini mah dan macet keluarnya karena banyak angkot yang pada ngetem, setelah keluar dikit kita trus naik angkot Nomor. 03 dengan biaya Rp. 2000 dengan tujuan teminal Baranangsiang. Gak lama kita sampe Baranangsiang rencana awal mau sambung naik angkot yang ke arah ciawi dan dari ciawi ke cisarua, tapi sepertinya di ciawi pasti macet deh, sepertinya lebih baik naik mobil colt putih yang langsung joss ke cianjur lewat puncak, seinget gw dulu kalo mau naik angkot putih cianjur itu di sebrangnya baranangsiang tapi kok kaga ada yaa, tanpa putus asa kita cari dan tanya2 dimana tuh angkot mangkal, sampai calo barangsiang sedikit maksa naik ini aja bu semua mobil sama ke cianjur juga kok, niat mau nanya sama pos polisi depan baranangsian eh ada tukang ojek didepan kantor polisi coba dulu deh tanya tukang ojek, pak angkot ke cianjur yang putih itu dimana ya sekarang? eh malah ditawarin ojek, Whattt ojek ke cisarua? ummm boleh juga sih tapi gw lagi kaga mau naik ojek bisa keriting nih rambut, si bapak menunjuk ke depan dan walah ternyata tuh minicolt di pinggir toll arah ke gadog mangkalnya disebrang baranangsiang yang muter balik mau ke tajur tuh waduhh lumayan tuh jalannya kesitu, tapi gpp, sambil mengucapkan terima kasih sama bapak ojek tadi. Karena gak tau berapa harganya dan karena nasep suami bule jadilah gw harus tawar menawar ongkos sampe gunung mas, dipatok rp 15,000.- per orang apa boleh dikata, agak mahal dikit tapi yang penting naiklah. dan tepok jidat gw teryata nih angkot ngetem nya lama sampe ada kali 30 menit-an nungguin sampe penumpang penuh dlu baru jalan. hadehhh. Akhirnya setelah nunggu lama jalan juga nih angkot, tapi terbayar juga waktu nunggu tadi dengan rute kampung yang diambil nih angkot mantabssss, stop kiri mang, jam 9.30 nyampe juga di PTPN VIII argowisata Kebun teh Gunung Mas, seperti biasa walau gimana udah polusi juga harus diakui udara puncak yang sejuk dan enak dari jakarta, yaeyalahh. Setelah turun dari angkot kita nyebrang dan sempet celingak celingukan sambil jalan kaki ke dalem jauh juga yaaaaaa, tapi ternyata ada angkot juga ternyata yang masuk kedalam gunung mas dengan rp 2000 dari depan ke dalam gunung mas.
Jadi Total perjalanan kira 2 jam an dari jakarta, kalau  naik  mobil mungkin bisa cepat mungkin juga bisa lama tergantung kepadatan sih.
Setelah cape keliing kebon teh sambil pose2 Narsis depan kamera photo akhirnya setengah track tea walk kita balik turun karena sepiiii hahahahaha takut nyasar. sambil dalam perjalanan turun kita mampir di warung unik untuk minum dan jajan dan numpang pipis di toilet yang unik juga.
Setelah ini tujuan berikut adalah Puncak pass dimana lagi kalau bukan ke resto rindu alam untuk makan siang, dari dalam kebon teh naik angkot yang tadi lagi ke depan Rp 2000 dan dari situ kita nyambung ke rindu alam rp 3500 dan turun tepat di depan rindu alam, yes akhirnya nyampe juga di Rindu Alam. Setelah ini kita pengen juga sih ke masjid attaun ke pointnya paralayang tapi kaki udah keburu pegel dlu berhubung ngejar mau ke cilember jadi masjid kita skip aja deh for this time. sambil jalan kaki kita turun dari Rindu Alam ketemu gatenya Melrimba Garden, udah sampe sini ya masuk aja melrimba sebentar liat2 kebun bunga sambil tetep narsis foto-foto, setelah ini kita langsung check in hotel lembah safari dlu yang udah kita booking dari jakarta, setelah tunggu angkot di sebrang melrimba lama juga kok kaga ada yaaaa, jarang banget andkot  yang lewat,  akhirnya kita naik minicolt putih tadi deh yang ke bogor dari cianjur dan turun di cisarua rp. 5000 (kali ini PD gak pake nawar xixi), sampai cisarua karena hotel kita harus masuk kedalam dekat taman safari kita harus naik ojek deh, ongkos Rp. 10,000/ojek. eeeet dah dingin boooo ternyata naek ojek hahaha nyampe juga di hotel mandi bebersih setelah seharian di jalan, lempengin punggung trus istirahat sebentar deh.

Zzzzz.. pengennya sih tidur gw secara tadi bangun pagi jeh hehehe tapi suami gw mau ke cilember juga, coba gak usah ingetin yaa kalu rute kita abis ini ke cilember hehehe dan akhirnya dengan mengumpulkan semua energy dah mengusir rasa kantuk kita ke cilember juga deh. Naik angkot dari depan hotel ke cisarua Rp 2000 dan dari cisarua ke Cilember Rp.2000 dan dari situ harus nyambung ojek Rp 10,000 brrr naek ojek di puncak dingin euy, setelah lewat tanjakan turunan tikungan akhirnya byuuuuurrrrrrr hujan alamak Hujan hadehh, basah2 an deh jadilah tambah dingin ajaaa, tapi dibawa fun aja sih dan akhirnya sampe juga ke wisata airterjun cilember. Hujan gede banget nih tapi kita udah sampe disini dan nekat juga naik keatas. Di loket tiket pas mau bayar ticket suami gw ditagih 40,000 yieekkss mahal banget mang. Suami gw KITAS loh, udah setengah indonesia udah doyan rendang ama gado2 and Jengki xixi  akhirnya bayarnya Rp. 12,000 sama deh sama gw, plus dipinjemin payung karena payung  yang kita udah bawa dari jakarta ketinggalan di kamar hotel haiyahhh... sambil napas setengah ngos-ngosan secara udah lama kaga olah raga... nampe juga kita ke curug 7, memutuskan untuk naik ke curug 5 dengan track yang lumayan bahaya tapi berhubung ujan kita jalan bareng sama rombongan mbak2 dan  mas2 yang mau  naik juga tapi setengah jalan kita memutuskan turun lagi karena licin ahh stepnya masih tanah dikasih batu dan resiko kepeleset dan persis juga ketemu orang yang mau turun bilang masih jauh dan dia abis kepeleset welehhhh. Udah cape2 naik kita akhirnya turun lagi tapi dari pada kepeleset ditengah jalan mending balik turun, naik nya sih gak  masalah tapi turunnya itu yang bahaya. Setelah selesai dan udah photo2 juga kita mampir dlu ah nongkrong diwarung minum minuman dingin, udara dingin minum dingin heheh abis keringetan seh.. sambil suami gw diajakin ngomong arab sama mba-mba diwarung. Whatt.. laki gw bukan bule arab neng, kok kaga bisa bedain bule arab ama bule kaya laki gw sih (Eh emang beda gak sih haha) haiyaaaahhhh. Setelah keringet udah kering dan hujan juga sudah berenti, kita rencana balik deh ke hotel. Sempat kuaatir ada ojek untuk balik gak yaaa?? klu gak ada gimana yaa dan terpaksa kita tidur di tenda deh, dan ternyada ada banyak kok gak usah khawatir, ongkos ajek balik ke depan sama yaitu Rp 10,000.-. karena lewatin Cimory, kita putusin untuk dinner di CIMORY, naik angkot sebentar bayar Rp 2000 menuju cimory, makan sosis keriting ama sosis panjang di cimory, kepingin belanja tapi apa daya, karena naik angkot pasti susah nenteng oleh2 dan pastinya berat jadilah untuk trip kali ini kita aman oleh2 hehehehehe. Otw   balik ke hotel hujan deras turun lagi, hadehh, gimana nih, tapi akhirnya berenti juga nih ujan balik ke hotel naik angkot ke cisarua trus nyabung ojek lagi dan sampe di kamar istirahat dan mandi, early bedtime 8.30 cape kali yaaaa... besok masih ada trip berikutnya...

Puncak by angkot day 2
Semalam tidur agak setengah lelap karena beberapa kali terbangun, dari kamar sebelah berisik banget soalnya dan kedengeran banget hadeh, pada ketawa ngobrol hadehh dengan harga 350,000/permalam, hotel ini tidak terlalu nyaman sih, ini hotel lebih mahal dari Ibis Hotel Phuket Kata hehehe, tapi ya lumayanlah buat lempengin punggung klu tidur doang ternyata semalem gak bisa tidur karena berisik. mungkin karena kita juga tidur masih jam 8 an kali yaa jadi serasa lama paginya, bangun pagi jalan2 keliling resort mau sarapan duluan belom siap, mau berenang iihhh brrr ogah ah dingin.
Setelah sarapan nasi goreng ayam kita kembali ke kamar dan siap2 untuk lanjut ke taman Safari dunk pastinya, tanya2 sama mba2 resepsionis dan ada angkot dari depan hotel langsung ke pintu masuk taman safari. Setelah tiba disana dan kita beli tiket dan join busnya taman safari dan  wow semua binatang itu cute cute banget dehhh dari yang buas kelihatan lucu sampe yang jinak juga, pengen pegang tapi berhubung yang di kurung manusia bukan binatangnya jadi kaga bisa nyentuh lagian siapa yang mau nyentuh singa seyeemmm, padahal singanya imut.. apalagi beruang lucu banget, setelah bus tour kita berhenti di taman bermainnya dan kita coba naik giant wheel well kaga giant2 banget sih tapi lumayan lah, kita bisa liat taman safari dari atas. Setelah keliling2 kita mau ke Baby zoo. dan bagus banget imut. Kita juga foto bareng dengan baby tiger, baby orang utan sama baby macan putih yang cranky sempet takut dan tegang gw nih serasa gw mao dicaplok tapi cute-cute banget. Bikin gw jadi cinta sama mereka.  Setelah puas keliling dan sudah semua kita lihat, pingin ke airterjun sih cuma takut ke sorean balik ke jkt nya, akhirnya jam 12.30 kita memutuskan untuk balik ke jakarta, naik ojek dari loket taman safari sampe cisarua, dari cisarua naik angkot ke ciawi dan Puji Tuhan, ditengah macet dan baru duduk, ada bapak2 berhentiin angkot dan mau charter tuh angkot ke tajur tapi gak maksa kita turun juga mantab kan tuh. kita dibolehin join asikkkkk berhubung yang charter lagi kejar waktu naik bis ke cirebon dari tajur jadi mereka berani bayar 50,000 supaya angkot ini cepat sampai ke tajur, jadilah ini angkot lewat jalan tikus yang jauh dan berkelok-kelok lewat kampung tapi gak kena macet, Eh muncul2 di ciawi. Ajib, gw bayar 100,000 juga gak rugi dah klu gini, kurang dari 1 jam dari cisarua sampe tajur dan lancar, dari tajur angkot ke baranangsiang lancar, dari baranang siang ke stasiun lancar, dari stasiun ke gambir  (kita naik komuter yang ke gambir) lancar, sampe jakarta jam 3.
Puji Tuhan semua lancar dan kita sampai jakarta dengan selamat dan gak keluar uang banyak hehehehe, bener juga saran orang2 yang gw baca di detik.com, ke puncak mau lancar, tinggalkan kendaraan pribadi anda naik KRL dan angkot, ummmmm coba ada KRL ke puncak yaaaa?
so far.. puncak masih bagus dan seru untuk kita kunjungi semua ada disana.. udara segar, mata segar.. plus wisata kulinernya asik.. plus taman bermain dan tempat wisata nya banyak ..........
dare to try to puncak by angkot?? follow me :P

Puncak Expenses 221011
Dibilang backpackers .. kita bukan backpakers trusss.... ini juga bukan backpakers trip apa donk.. ummmm trip Mur Mer aja deh... yang enak tapi murah, kalau mau lebih murah lagi sih ada juga.......... apalagi lebih mahal .........
berikut ini expenses nya buat yang pengen juga gaya spt ini :