Wednesday, July 29, 2015

Birokrasi : Mengurus STM (Surat Tanda Melapor) WNA - Langkah kedua setelah KITAP

Selesai pengurusan KITAP selesai, yang menurut gw gak sesusah dan menyeramkan seperti yang dibayangkan dan pengurusan KITAP suami hanya memakan waktu 1 bulan kalau tidak dipotong libur lebaran, dan salut juga sama kinerja dari kanim Tangerang, yang gw pikir petugas Kanim tuh sangar2 tapi di kanim Tangerang tuh petugasnya lumayan ramah2 juga dan gak ketus dan mereka memiliki komunikasi yang baik dan menjawab pertanyaan2 kita dengan baik, lalu mulailah gw membuat daftar apa2 aja yang harus gw lakukan setelah itu. 
Langkah pertama adalah membuat STM (Surat Tanda Melapor) dari kantor polisi, pada waktu kita menerima WNA tinggal dirumah kita sebenarnya kita harus lapor ke kantor Polisi yang dulu harus ada 2 yaitu Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) dan STM (Surat Tanda Melapor) nah dipikiran gw sebenarnya beda keduanya apa yaa? tapi Puji Tuhan sekarang tidak perlu lagi SKLD jadi cuma tinggal mengurus STM saja. Sebenernya gw juga gak ngerti kenapa pemegang Kitap masih perlu juga urus STM :D.
Perlu diketahui untuk pengurusan STM itu harus di Polres setempat, awalnya gw gak tau dimana buatnya karena ada byk kan jenis kantor polisi, Polsek, Polres, Polda, apa lagi tuh? dan ternyata Tangerang Selatan itu belum punya Polres sendiri :P, waktu selesai ambil KITAP rencana gw mau langsung ke Polres Tangerang dan begitu ke kantornya ternyata mereka gak bisa buat STM untuk suami gw, karena kita berdomisili di Tangsel, Lah pan kite Tangerang2 juga kata gw dan Tangsel pan gak punya Polres, lalu kata petugasnya kita gak bisa bu klu TangSel, kayanya TangSel itu masih gabung Polres nya sama Polres Jaksel, oooohhhh kata gw, jadi bukan gabungnya di Tangerang yaa? yaw dah berarti gw harus ke POLRES JakSel dunk. 
Sambil gw menyiapkan syarat2nya :
1. Surat Pormohonan Sponsor (gw gak diminta yg materai tapi ada yang diminta juga)
2. Foto Copy KITAP
3. Foto Copy Paspor
4. Foto Copy KTP Pelapor
Siap semuanya gw meluncur ke Polres Jaksel dan kantor pembuatan STM tuh di paling pojok di lantai 2, setelah dokumen gw diperiksa dan dilihat dan pak petugasnya bilang kalau STM akan selesai besok ya buu, sambil bingung biaya berapa yang harus gw bayar. 
Setelah keesokan harinya gw balik untuk ambil STM yang udah jadi, setelah gw periksa ternyata STM untuk suami gw berlaku selama 5 tahun juga, jadi gak usah diperpanjang tiap tahun (yihaa) meringankan beban tahunan gw.
Setelah terima gw lihat muka bapak Petugasnya, beliau cuma senyum ajaa, gw juga cuma senyum dan gak mau nanya berapa pak? dan gw sambil senyum paling manis bilang terima kasih ya Pak, Sambil berdiri dan keluar ruangan beliau. Biaya ; Gratis. 

18 comments :

  1. Masa Berlaku STM itu tercantumnya dimana ya mba?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba, ada di kolom Tanggal Keberangkatan, itu sesuai dengan KITAPnya

      Delete
  2. Pas pembuatan stm, wna nya perlu ikut apa bs sponsornya aj yg dateng ke polresnya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Gak Perlu Mba, datang sendiri aja juga ga apa...

      Delete
  3. Mba nanya... Polres melayani sampai jam berapa ya? Soalnya rencana saya kesana setelah makan siang... Mksh

    ReplyDelete
  4. Hi Mba, Polres melayani saat jam kerja kok mba, aku dlu kesana setelah makan siang juga, semoga membantu

    ReplyDelete
  5. Buat STM di polres cirebon biayanya Rp 250.000 mahal sekali ya, padahal pas buat STM di Polres Temanggung gratis tis...Bapak polisinya bilang sudah kewajiban kami melayani masyarakat bu, Cirebon memang....semua serba uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang ke pengaduan aja mba.. memang semua gratis kok gak perlu bayar kecuali memang yang sudah ditetapkan tarifnya dari pemerintah

      Delete
    2. Hi mba aku mau tanya nih, Aku kan baru merwncanakan menikah tahun ini dgn WNA, Nah org KUA nya minta SKLD calon aku. Aku masih bingung harus dtg kemana, ke mabes POLrI atau bisa ke polres atau polsek gt?

      Delete
    3. Hi Mba, Setahu aku SKLD itu sudah tidak ada lagi, aku gak tau kenapa KUA minta, aku sih gak perlu surat itu waktu aku nikah. Mungkin mba coba ke Polres.

      Delete
  6. Hi Mba.. Polres Jaksel itu yang di wijaya kan ya? Yg di sampingnya grand wijay dan depan kampus interstudi? Soalnyya rencananya aku mau bikin STM juga. Makasih

    ReplyDelete
  7. Hi Mb saya mau buat STM juga tetapi untuk keperluan menikah, document yang harus dibawa apa aja ya, kebetulan calon suami tidak kerja atau tinggal di indonesia jadi tidak ada KITAS, sebelumnya makasih

    ReplyDelete
  8. Hy mba..sy pernah mengurus stm di polres semarang wkt itu sy di kenakan biaya hingga 800rb.. Apakah sampai semahal itu biaya nya mba?

    ReplyDelete
  9. Hi Mba,
    KITAP suami baru jadi, kemarin coba2 urus sendiri alhamdulillah berhasil. Sekarang lanjut mo bikin STM sm KTP & KK.
    Mo tanya ya Mba
    Untuk yang point 1. Surat Pormohonan Sponsor ada contoh form nya ?
    Untuk yang point 4. Foto Copy KTP Pelapor maksudnya KTP istri kan ya ?
    Kalo STM bikinnya ga bisa di polsek ya ? harus di polres ?
    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Salam kenal juga, Selamat KITAPnya sudah jadi ya mba.
      Surat sponsor intinya sama bunyinya mba, isinya menerangkan nama, alamat, no ktp kita sebagai suami hendak mengajukan sTM atas nama Suami, alamat dan no. kitap, ditujukannya kepada POLRES wilayah kita tinggal dan menjamin atas keberadaan, kelakuan dan tindakan suami.
      Iya Mba KTP kita sebagai isteri yang melaporkan suami kita
      STM harus di POLRES mba.
      Semoga Membantu

      Delete
    2. Ok mba makasih banyak ya, bnr2 terbantu sekali dengan info di blog ini.

      Delete
  10. saya rencana mau buat stm wna, utk sponsornya apakah selain istri/suami wna bisa ? misalkan dari perwakilan perusahaan / hrd. mohon infonya. termakasih

    ReplyDelete