Monday, March 21, 2016

Mengubah Alamat tempat tinggal dalam paspor

Satu per satu setelah mutasi alamat dari Jakarta ke Tangerang selesai, seluruh dokumen dan data yang sudah tercatat di perbankan pribadi maupun semua dokumen pribadi lainnya sedikit demi sedikit, satu demi satu akan gw ubah, sekarang giliran mengganti alamat yang ada di belakang paspor, entah kenapa dan baru ngeh kalau dibelakang paspor terdapat alamat tempat tinggal. Sebenernya sih gw awalnya mau cuek aja, sampai paspor expire dan nantinya sekalian gw mau urus, ternyata di tahun ini, Puji Tuhan, gw ada berkat dan punya rencana jalan-jalan lagi, yang membutuhkan visa
Sambil mencari info apakah negara yang saya kunjungi mengharuskan saya untuk mengganti alamat atau tidak ternyata, jawabannya lebih baik diganti, ya sudahlah dengan tekad bulat saya menuju kantor Imigrasi wilayah saya tinggal yaitu di Tangerang.
Untuk Mengubah alamat, adapun dokumen yang diperlukan adalah:

1.   Paspor Asli
2. Fotocopy Paspor halaman muka dan halaman belakang, fotocopynya di jadikan 1 halaman karena waktu gw pisah petugasnya minta di fotocopy ulang dan dijadikan 1 halaman.
3.   Fotocopy KK & KTP
4.   Fotocopy Akte Kelahiran
5.   Fotocopy Ijazah
6.  Surat Pernyataan bahwa kita ingin mengganti alamat dari alamat lama ke alamat baru, dan semua data benar gitu bunyinya dan bermaterai (tulis sendiri)
7.  Mengisi formulir perubahan data yang bisa diminta di tempat.
8. Jangan lupa bawa semua yang asli, takutnya ditanyain, tapi gw sih ga ditanya.

Niat gw datang udah bawa buku bacaan tebel, karena takut nunggu lama di kanim, dari pada ngeliatin muka2 orang nanti disankain gw mau tau aja urusan orang hehe mending gw sibuk sendiri dengan membaca buku yang udah gw beli tapi belom sempet gw baca. Waktu datang langsung menghadap bapak-bapak petugas di receptionist yang ramah dan dokumen kita di periksa, dikasih petunjuk apa2 aja yang harus kita lakukan plus dikasih map.
Setelah selesai perdokumenan dan pengisian form serta membuat surat pernyataan, semua dokumen di masukan kedalam map beserta paspor asli dan diserahkan ke loket perubahan data. yang waktu gw masukin bapak petugasnya lagi gak ada di tempat, gak tau kemana tuh loketnya kosong, mungkin lagi ke toilet kali xixi, sambil menunggu gw buka donk novel gw dan mulai membaca. Baru mau mulai tuh bapak  udah balik dan gw langsung dipanggil di kasih tau ini itu dan disuruh ini itu (Bapake minta fotocopy paspor dijadi satu halaman untuk halaman muka dan halaman alamat) dan kelar gw dikasih tanda terima beserta tanggal kapan gw harus kembali serta pukul berapa, butuh waktu 3 hari kerja sampai gw kembali mengambil paspor gw. Ternyata hari ini novel tebel yang gw bawa gak kebaca hahaha, gak lama kok waktu masukin dokumen.
Tiga hari kemudian gw balik ke kanim untuk mengambil paspor gw dengan alamat yang baru, gw pikir ambilnya diloket yang sama ternyata untuk pengambilan paspornya bareng2 dengan semua orang yang memperpanjang maupun bikin baru, jadilah nomor antrian yang gw dapet adalah 96 dan nomor yang baru dipanggil adalah nomor 62 .. haiyaaa ternyata... haha novel gw tinggal dirumah argghhh. Setelah kurang lebih 1 jam nunggu antrian, akhirnya nomor dipanggil dan tadaaa paspor gw selesai dan sudah ada tambahan endorsement untuk current address dan selesai. 
Kita hanya perlu 2 kali balik, dan proses serta prosedurnya gak susah. Yang pertama untuk drop paspor dan dokumen pelengkap dan yang ke dua untuk mengambil kembali paspor kita yang sudah diverifikasi perubahan alamatnya.. dan semuanya Gratisss

No comments :

Post a Comment