Resep Masakan : Sate Ayam Manis

Kali ini gw mencoba berbagi dalam tulisan untuk sesuatu yang baru yaitu menshare resep masakan yang gw masak untuk konsumsi sendiri dan hasilnya enak, baik itu re-cook dari resep orang lain atau resep turunan dari emak gw. 
Walaupun re-cook biasanya gw itu gak pernah mengikuti banget petunjuk yang ada di resep, kadang gw ubah2 sendiri dan jadi hee 
Kali ini  gw mau share Resep Sate Manis Ayam (Daging bisa diganti apa aja, bisa ayam, babi, sapi). 
Sate manis favorit gw yang pasti ya sate babi 😆😆, tapi karena kali gw mau buat sate manis ayam.


  • Dada Ayam tanpa kulit 5 Pcs (Satu dada dibagi 2) atau 2,5 pcs /600 gr
  • Kemiri 6 pcs
  • Bawang Putih 10
  • Bawang Merah 10  
  • Sereh 1 batang potong2 kecil 
  • Lengkuas 2 Jempol potong2 kecil
  • Gula Merah 2 (Kalau suka manis) atau sesuai dengan selera
  • Ketumbar 1 Sdt
  • Lada 1 Sdt
  • Garam Secukupnya
  • Jinten 1 sdt (gw pakai jinten) alhasil kurang suka sih krn baunya kuat tapi selera sih
  • Kecap Manis
  • Air secukupnya
  • Tusukan sate (jangan lupa ntar kaya gw lagi terpaksa di pause dlu lari ke warung beli wkwk)

Bumbunya jadi banyak ya..😉gak ada salahnya berlebih, rasanya enak dan klu tidak semua dipakai, sisanya bisa ditaroh kulkas dan kalau mau buat tinggal marinating ayamnya aja kan..

Cara nya :

  1. Dada ayam cuci bersih potong dadu2 besarnya sesuai dengan selera – lalu sisihkan
  2. Kemiri, Bawang putih, Bawang merah, sereh potong kecil2, Lengkuas (Blender semua sampai halus) lalu tumis, setengah kecoklatan dan harum masukkan campuran gula merah no. 3 dibawah ini.
  3. Gula merah sisir, Ketumbar, Lada, Jinten, Garam, Kecap manis, sedikit air dicampur di mangkok dan aduk hingga rata dan gula larut.
  4. Setelah semua tercampur masak sampai mendidih jangan sampai kering ya tapi lalu matikan api, tunggu dingin sebentar lalu tuang dan campur dengan potongan ayam.
  5. Tusuk2 kedalam tusukan sate 5 potong atau tergantung selera dan tekan2 sampai dia bulat dan montok dan simpan lagi dikulkas semalaman seperti saya atau minimal 1-2 jam biar bumbu meresap.
  6. Setelah semalaman sate sudah di bumbui dan dibentuk, pagi nya gw panggang pakai teflon yang diolesi dengan mentega, lalu air yang sisa di tempat penyimpanan satay saya tambahkan kecap untuk di oleskan ke satay saat memanggang sampai warna yang diinginkan oleskan terus.



Setelah beberapa menit satay matang dan siap disantap, mudah sekali buatnya hanya marinatenya yang lumayan lama jadi racik di malam hari untuk makan siang esok nya.



No comments:

Post a Comment