Traveling to China Part 8 : Huangshan Yellow Mountain (Day 6)

Sesuai dengan rencana, bangun pagi hari ini untuk "mendaki" gunung Huangshan, Kenapa "mendaki" karena mendaki-nya, mendaki enak *tidak seperti mendaki gunung2 seperti di Indonesia yang indah namun menantang.
Gunung ini track-nya rapih dan stepnya berbeton, *tidak becek dan berlumpur, banyak pilihan menuju ke puncak, bisa menggunakan kaki atau tersedia cable car tinggal pilih,*asik kan. Walaupun demikian tetap mental dan fisik harus dipersiapkan karena cable car tidak benar2 mencapai puncak dan untuk mendapatkan view yang lebih cantik dan ajib, kita harus berjalan lagi naik keatas, oleh karena itu siapkan sepatu yang nyaman.
Dari hotel ada sarapan tersedia, hanya saja sarapannya sangat terbatas dan *gak ada rasa hehe, untuk perut dan lidah gw orang Indonesia bahkan untuk suami gw orang Amerika yg asli pamulang. Sarapan yang tersedia di sini adalah bubur plain, telor rebus dan mantao plain, dan semua yg gak ada rasa, untung gw bawa sambel ABC, jadinya  gw makan bakpao dan telor rebusnya plus sambel ABC*bukan iklan
Sambil membungkus 2 mantau untuk bekal kita nanti diatas jika lapar.  Yang melayani sarapan tamu hotel ini adalah seorang ibu2 separoh baya yang ramah banget kepada semua tamu, walaupun tidak berbahasa inggris, tapi dia tetep saja berusaha berbicara dengan kita menggunakan bahasa mandarinnya plus bahasa tubuhnya, berhubung gw suka nonton film2 serial taiwan dan serial silat, jadilah gw bisa agak sedikit mengerti apa yang si ibu itu ngomong, sambil ngangguk2 dan senyum2 aja gw.
I am Ready , mariiii Nyentrik kan pake celana pendek trus pake kaos kaki hehe
Tepat setelah sarapan selesai, mobil hotel yang mengantar kita ke pickup point busnya tiba dan kita semua siap menuju gunung Huangshan.
Di tempat wisata ini, untuk berwisata mendaki ke Yellow Mountain harga ticket masuknya termasuk lumayan mahal, tergantung musim juga, winter pastinya lebih murah. Saat ini adalah autumn/fall (Oktober) dan pastinya lebih banyak turis yang berkunjung dibulan ini menyebahkan harga tiketnya lebih mahal.
Berbeda dengan objek wisata di indonesia yang selalu mem- "beda"kan harga retribusi antara turis asing dan lokal, *diskriminasi gak sih. Di China semua harga sama, yang membedakan harga tiket disini hanya student dan non student, kalau student lebih murah, menurut  gw ini lebih fair dari pada domestik dan non domestik, karena murah kadang kita gak menghargai lingkungan jadinya.  Sudah harga mahal namun untuk naik bus menuju ke gate start-nya harus bayar juga pulak #tepokjidat dah ah *harusnya fasilitas dunk.
Sampai di pickup point *seperti terminal bis umumnya, namun terminal ini khusus untuk bis wisatanya huangshan, di terminal ini banyak ibu2 penjual tongkat dan sarung tangan,*beli deh beguna banget tongkatnya, dengan harga hanya 3Y, tongkat kayu, kokoh, halus dan bagus, sayangnya tidak bisa gw bawa balik ke Indonesia karena takut gak boleh masuk di pas check in.
Pagi ini, belum terlalu banyak turis yang datang, waktu sekitar jam 7 pagi, karena itu proses dari beli tiket bus sampai naik bus cepat dan lancar.
Rute bus terdiri dari 2 tujuan yaitu ke West Gate dan East Gate. West gate yang lebih ramai, seperti biasa kita pilih yang tidak terlalu ramai. oleh karena itu kita memilih Rute bus yang menuju ke East gate, dan rencana kembalinya akan melalui West gate.

Peta bisa kita download di inet
Perlu diberi jempol untuk China, karena semua tempat wisata terorganisasi dengan baik dan rapih dan sama sekali tidak ada yang komplain, semua perlakuan sama dan diatur sedemikian rupa untuk kenyamanan kita semua, terminal bisnya bersih, dan bis mengantar kita sampai pada tempat parkiran pintu masuk wisata pegunungan Huangshan.
Add caption
Setibanya diatas ternyata antrian tiketnya lumayan ruame banget, akan tetapi seramai-ramainya tetep tergolong lancar dan teratur juga, walaupun kadang orang2 disini itu suka nyerobot. Kalau itu terjadi, tinggal kita pelototin saja, dan mereka mundur haha atau kalau tidak mempan, suami gw yang badannya besar akan meng-halangi yang coba nyerobot2. Apalagi tempat antrian menuju cable car, antriannya lumayan berjubel, mau yang tua yang muda semua sama, namun surprisenya tidak terlalu lama menunggunya.
Jika kita mau jalan kaki menuju puncak ada rutenya, namun karena waktu  dan ngak kebayang, ngebayang aja udah cape duluan *xixi mending naik cable car aja.
Mungkin bagi yang berniat menginap diatas dapat mendakinya berjalan kaki pelan-pelan menuju hotel yang ada di puncak sambil menikmati pemandangannya, Fyi Hotel yang berada diatas gunung harganya juga mahal pake banget, terdapat juga bunk bed buat yang budget tapi sama saja mahal juga. Buat gw lebih baik kembali turun saja sorenya dari pada menginap di kamar seharga sekitar 2 juta permalam.
Pintu Masuk Pegunungan Huangshan East gate
Antrian membeli ticket
Menuju Cable Car Antriannya rada ruwet nih
Foto Diambil dari cable car
Sesampainya diatas ada rasa kecewa, karena ternyata pada pagi hari ini pemandangan masih tertutup kabut, jadi tidak dapat melihat apa2 atau mungkin juga masih terlalu pagi, *sambil  berdoa semoga hari ini cerah, supaya gw dan suami bisa menikmati pemandangan.
Berjalan terus mencoba menikmati, yang masih tidak bisa keliatan hadehh, mungkin nanti agak siangan setelah matahari muncul *sabar.
Setelah agak siang dan akhirnya pemandangan yang tadinya tertutup kabut mulai terbuka, kata-kata yang keluar dari mulut kita adalah Woaaaaa Amazing, kerenzzz. Tracknya juga rapih, bersih, dan teratur, pokoknya keren deh, kalau ada kesempatan ke China kunjungin tempat ini, sangat rekomended. Di setiap sudut/spot kita bisa melihat kemanan atau polisi berjaga-jaga, mungkin incase terjadi sesuatu pada pengunjung.
Sebenernya gw ingin mencari tempat yang namanya "Walking Fairy Bridge" keren banget tempatnya waktu searching di internet, tapi sayang tidak ketemu, karena petunjuknya kurang jelas atau kita yang gak ngerti baca petunjuk, karena sudah mutar2 mencari tidak ketemu, karena mencari inilah tidak sadar kita melalui rute/track terpanjang atau loop yang jauh yang paling atas yang bernama west canyon.
Tidak sadar banget kalau ternyata kita udah di loop paling luar, yang akhirnya gw mengeluarkan uang lagi untuk naik cable car west canyon dan pantas saja otot paha gw sudah kaku dan sakit banget. Gak rugi juga sih karena pemandangannya spektakuler banget, tapi kaki yang teriak haha.
Sempat beristirahat untuk minum kopi sambil duduk2 di salah satu hotel di atas gunung, karena mahal jadi beli kopi 1 aja hehe dan share, yang penting dapet duduk dan tempat yang hangat. *gw pake celana pendek, kedinginan juga betis gw dan orang2 pada liat gw pake celana pendek, haha karena udaha dingin juga ternyata, *Saltum, untungnya gw masih kuat menahan dinginnya dan Fyi ternyata sarung tangan akan sangat berguna juga untuk pendakian ini, karena pada saat kita turun naik secara otomatis kita akan menyentuh pagar pembatas dan batu, itu dingin bangettt, jadi bawalah sarung tangan. Masker juga perlu untuk menutup hidung gw atau menggunakan syal juga bisa.
Diatas gunung ini semua mahal karena untuk mengangkut barang2 pesediaan diangkat pake kaki orang oleh kuli penggotong dan manual dan bahkan katanya, batu2 untuk bangunan pun diangkat manual dan mereka  yang angkat barang gak boleh pake cable car, kasihan juga ya kuli2 angkut itu, dan bukan hanya barang ternyata orang juga bisa mereka angkat kalau gak kuat naik turun, tapi harganya pasti selangit tuh.
Walaupun ada beberapa warung dan kios, yang beda menurut gw, snack2 yang dijual di kios2 sepanjang jalan di gunung ini adalah bakpao, telor rebus, timum dan jagung rebus.. argghhh, pantesan orang cina pada kuat2 dan jarang ada yang gemuk, ternyata makanan nya sehat, dan lagi jenis2 snack tersebut ramah lingkungan karena sampah2 atau bekas2 makanan tersebut kan sampah organik, bukannya plastik pembungkus snack2 yang sering kita temui di sini, mungkin ide yang bagus juga nih kalau di tempat wisata alam di indonesia sebaiknya jangan berjualan makanan yang dibungkus plastik.mmmm
Well karena kita menyelusuri rute yang terjauh, untuk kembali naik dan kaki sudah kaku, terpaksa mengeluarkan dana lagi untuk naik cable car namanya "Grand canyon cable car" dan diwaktu kita lagi bingung karena kesasar, ada seorang cewe asal korea yang bahasa inggrisnya bagus banget, menghampiri kita, *kasihan kali ya sama kita, karena waktu itu gw berusaha bertanya sama seseorang disitu dan gak ada yang ngerti, dan dia bertanya kapada kita mau menuju kemana, akhirnya kita ngobrol2 mereka dan kata cewe korea itu yuk ikut rombongan kita aja, kita juga mau balik ke west area kok, *baik ya,  dari situ akhirnya kita ngintil rombongan mereka hehe. Setelah terpisah akhirnya karena kita sempat berhenti untuk photo sementara rombongan si cewe korea tadi lanjut.
Dalam perjalanan ke west kita bertemu dengan pasangan asal china yang mengenali kita berdua saat kita naik bus dari Hangzhou ke Tangkou, lihat lihatan antara mereka dan kita ternyata mereka satu bis dari kita. Tetapi karena mereka gak bisa bahasa inggris sama sekali jadi kita komunikasinya menggunakan bahasa tubuh saja dan berjalan bareng juga bersama mereka. lucu ya kebersamaannya asik juga.
setelah puter2 sampai kaki bengkok dan kaku sampailah di sekitaran west area tapi huuu huhuu hiks hiks.. kita masih harus naik keatas untuk menuju cable carnya untuk mengakhiri perjalanan kita. Naik keatasnya itu loh gak kira2 naiknya hampir 90 derajat turun dikit hadeh, sampe2 gw naiknya seperti merangkak sangking takutnya berdiri dan gak berani nengok kebelakang.. hadeh.
Puji Tuhan akhirnya sampai juga kita diakhir perjalanan, selama kurang lebih 8 jam berjalan dan hanya istirahat 30 menit minum kopi dan Puji Tuhan kami sangat menikmati sekali walaupun kaki ini sudah kaku.
Kembali ke Hotel dengan selamat. Sampai di  hotel kita booking ticket bus ke shanghai dan mini bus ke Tunxi - mau liat2 ada apa di kota ini.
Berikut adalah Photo2nya
masih berkabut
Gembok Cinta

Depan hotel di atas gunung
Porter angkut barang dan orang

Istirahat dlu deh

Sumpe gw gak berani nengok ke belakang
OMG.. laki gw aja takut xixi, foto yang diatas itu miring loh, miring ke bawah itu
Teman Seperjalanan

Sumpe gw gak berani jalan sebelah kanan
Sumpe gw gak berani jalan di sebelah kanan
Sumpe gw gak  berani jalan sebelah kanan
Nyasar.. sama sama pusing, nanya turis dari Taiwan..