Traveling to China Part 11 : Shanghai, The Modern and Big City (Day 9)

Berbeda dengan Beijing dan lebih berbeda lagi dengan Huangshan, Kota Shanghai ini kota besar dan modern banget, disini kehidupan sepertinya serba lebih modern. 
Seperti saya bilang di Shanghai berasa jadi turis dan banyak banget turis, karena disini lebih beragam orang2 yang datang, sejauh mata memandang banyak gw liat bule turis dengan family nya  dan turis dari semua negara dan tentu saja banyak dari Indonesia.
Kalau di Beijing dan Huangshan gw lebih banyak melihat orang Asia, apalagi di Huangshan, lebih banyak turis domestiknya, yg gw berbicara dengan pemuda kiyut dia bilang dari Heibei atau  cewe cantik dari korea yang berbahasa Inggris bagus yang gw ketemu dengan rombongannya, dan turis dari Taiwan yang sama2 bingung cari jalan dan pasangan dari Hangzhou yang gw ketemu di bis, jarang lihat bule kecuali 3 orang jerman dan 2 bule yang ngomel2 di bis dan kalau di beijing beberapa gw liat rombongan turis grup dari Indonesia namun gw ga liat orang Indonesia di Huangshan. 
Nah di Shanghai ini kita dimanjakan dengan berbagai fasilitas untuk turis, Kita ga perlu susah2 naik subway karena disini ada beberapa operator turis bus yang melayani semua turis yang mau keliling shanghai dan harganya murah, seperti bus Hop on and offnya di singapore, atau bus tingkat pariwisatanya jakarta, namun di shanghai lebih murah dari singapore kalau di Jakarta sih Gratis. dengan membeli pass card nya yang berlaku 24 jam kita gak usah kuatir ngantri beli tiket subway  dan naik turun belok kiri dan kanan dan jalan jauh dengan subway karena turis bus ini tersedia buat semua turis dan bus ini berhenti di semua point dan spot yang memang ramai dikunjungi turis dan kita bebas mau naik turun atau kemana aja selama 24 jam, karena tiket berlaku selama 24 Jam. 
Dan ternyata untungnya City Sightseing bus nya ini point startnya di Nanjing Road pas di Depan Hotel kita yaitu hotel Seventh Hotel. Jadilah gw dan suami memutuskan kita pakai bus ini aja untuk kemana-kemana di Shanghai.
Kita start pagi2 setelah sarapan, ada kejadian lucu saat sarapan di hotel, ada 1 orang bule nyolot dan seperti mencibir dan teriak ke pelayan restaurant, karena pas si Bule mau minum Orange Jus eh ternyara Orange Jusnya Panas. hahaha, Kalau gw orang indonesia sih gak heran, cuma pas gw mau ambil orange jus itu kok panas, eh berarti jeruk panas dunk sama kaya disini makan roti bakar ditemani jeruk hangat, tapi sebenernya buat suami gw yang bukan orang indonesia ini aneh, karena menurut mereka jus itu seharusnya dingin apalagi susu, kalau susu enaknya kalau kita diminum hangat kalau suami gw sukanya susu yang dingin dari kulkas nah beda kan.
Nah begitu juga dengan bule ini yang di restoran dia minta es batu sama si pelayan, entah si pelayan gak ngarti atau gimana, si bule itu heyy I want Ice ice sambil membuntutin pelayannya, juice suppose to be cold not hot. sambil teriak gitu. kasian juga tuh pelayan sambil lari ke dapur ambil es buat tuh bule, tapi kata suami gw sih si bule itu being rude banget, gak perlu kali sambil buntutin pelayan gitu cuma kasih tau aja kalau elu perlu es. 
Setelah sarapan tujuan kita adalah keliling Shanghai hari ini dan langsung mau beli tiket City sightseiing bus aja dan tujuan pertama kita adalah the bund di pagi hari dan tentu saja taking picture la yaw. Bus berhenti tepat didepan the bund nya dari turun bis kita langsung bisa explore the bund dan foto2.
Kalau kita punya uang lebih, di area the bund ini banyak atraksi2 menarik seperti Huangpu Cruise atau Sightseeing tunnel, dan rasanya semuanya itu seru juga, tapi berhubung udah dari Beijing dan Huangshan dan kantong mulai menipis jadi kita ga naik itu karena lumayan mahal, jadi kita cuma liat2 the bund aja udah dan udah cukup kok buat gw, dari pemandangan kuno historical sight di Beijing, dan Pengunungan di Huangshan, sampai kota modern di Shanghai.


Ini Pas di depan hotel dan booth Citysightseeing bus

The Bund


Keren juga ya foto Prewed disini


Setelah puas keliling dan foto2 di the bund pemberhentian berikut kita adalah Yuyuan garden, adalah seperti pasar tradisional yang merupakan juga pusat oleh2 di Shanghai yang tempatnya masih dijaga ketradisionalannya dimana semua toko dan restorannya berada di dalam satu kompleks.
Disini gw ketemu penjual toko si engkoh2nya ngomong bahasa Indonesia ama gw hehe. gw sempet kaget juga, gw bilang you speak Bahasa? dia bilang iya banyak yang beli orang indonesia #tepokjidat, ternyata indonesia gak dimana2 doyan belanja yaa hehe. trus dia nawarin kaos2 murah tuh katanya xixi, setelah beli beberapa oleh2 dan magnet gw bilang terima kasih sama si engkoh pemilik toko itu. Di pasar ini gw juga gak berani beli apa2 karena gw males nawar kecuali di toko yang harganya udah ada seperti toko semua barang Y10 atau Y20 itu baru  gw  berani masuk. Dan di pasar ini banyak toko2 seperti itu jadi jangan kuatir yang nyari oleh2 ada yang murah meriah juga kok. sempat gw tertarik sama salah satu magnet shanghai di salah satu toko, gw tanya ini harga berapa trus si penjaga toko bilang Y20, gw bilang mahal amat dan gw tawar Y10 ya (soalnya gw beli magnet rata2 Y10) eh malah gw di usir hahaha dasar. Beruntung gw ga beli karena toko yang engkoh2nya bisa bahasa indonesia disitu rata2 harga magnet cuma Y10 malah lebih bagus dari yang toko tempat gw nawar tadi dan diusir.



Setelah puas keliling pasar dan liat2 tujuan kita kembali lagi ke boothnya city sightseeing bus yang ada di yuyuan dan tujuan kita selanjutnya adalah Xin Tian Di.
Xin Tian Di adalah kota kunonya Shanghai yang bergaya eropa yang semua bangunannya adalah berbentuk gaya eropa, sangat menarik disini dengan bangunan2 yang ada, karena kita begitu sampai disini gak tau mau kemana hehe alias bingung karena yang ada disini cuma cafe dan mall yang udah pasti cafenya mahal dan ngapain juga gw masuk ke mall, jadi di sini kita cuma wisatanya liat2 bangunan kuno gitu aja deh jadinya.
Yaw dah sambil jalan kita liat2 bangunan dan ketemu sebuah museum dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke museum itu. Karena kita gak pake Guide ya cuma baca2 aja tulisan2 yang ada di diorama2 kaya seperti di monas gitu, menarik juga sih. waktu kita mau foto di depan seperti bendera atau lambang china itu kita pikir gak boleh, dan gw nanya ama petugas seperti  mba2 di meja resepsionis gitu boleh ga gw foto disini, eh malah dia ambil kamera gw dan memotret kita hahaha, Asik.


ini di Photo hasil jepretan orang di resepsionis


Xin Tian Di Area
Xin Tian Di 
Setelah selesai kita explore Xin Tian Di, kita mau ke Pudong area, kalau tadi pagi start di The Bund nah sekarang kita mau ke sebrangnya yang kita liat dari The bund itu yang dimana disini lebih banyak lagi gedung2 modern dibanding dengan di area the Bund. Untuk kesana kita tinggal balik ke Booth City sighseeing bus tempat kita turun tadi dan tunggu beberapa saat si bus itu datang dan kita diantar ke tempat seperti terminal kecil khusus bus wisata dan pindah bus lagi yang lebih kecil dan tidak bertingkat untuk menuju ke Pudong dimana ada World Financial Tower dan Oriental Pearl Tower dan Airport.
Bus kita melewati tunnel atau bahasa kerennya terowongan untuk menuju Pudong, pantas aja busnya ganti bukan bus yang bertingkat lagi, dan setau gw tunnel atau terowongan ini dibangun menyebrangi sungai Huangpu tapi dibawahnya sungai  bukan diatasnya (alias underwater) namanya juga tunnel haha, jadi diatas kita itu air sungai bo. Hebat ya China bisa buat jalanan dibawah sungai. 
Bus yang kita tumpangi tiba pas di depan Oriental Pearl Tower, Saat sampai di depan Oriental Pearl Tower ini jadi mikir dan menimbang2 lagi apa gw mau naik ke atas atau gak ya? diatas sih kita bisa liat Kota Shanghai, tapi gw pikir2 lagi dan tanya suami yang bilang, gpp juga gak naik jadilah akhirnya kita memustukan untuk gak naik keatas dan cukup kita dibawah aja dan foto2 selain karena harganya lumayan mahal dan ruame banget pasti di atas sana.
Sambil kita berdua cari2 makan siang disekitar sini dan disini banyak restoran2 seperti di PIK gitu. Sambil bingung mau makan apa mata kita jatuh pada restoran dumpling dan mie dumpling gitu, yang ternyata gak nyesel gw makan disitu, disamping murah dah enak, dan dumplingnya itu ummm yummie banget dan udah pasti Pork Dumpling dan per pcs dumplingnya itu ukurannya besar, sampai nambah lagi dumplingnya kite. Kalau gw balik ke shanghai lagi pasti gw akan balik ke restoran ini lagi arhhh jadi melet sambil nulis ini hehe. 
Setelah selesai makan siang kita mau keliling2 area pudong, ya pake kaki aja kelilingnya orang spotnya dekat dan sidewalknya lebar dan nyaman dipake jalan sambil liat2 yang bagunan modern yang bagus2 dan ketemu seperti jembatan penyebrangan sebut saja skybridge deh, skybridge ini  menghubungkan tower satu ke tower lain dan mall juga, dan ternyata skybride ini di fasilitasi dengan eskalator beuhh mantap gak tuh, seperti bundaran HI gitu tapi lebih besar dan seperti antara hotel mandarin, grand indonesia dan plaza indonesia serta hotel nikko itu ada seperti jembatan penghubung yang kita bisa ke 4 tempat tersebut tanpa takut ditabrak mobil dan cape naik tangga karena tersedia tangga jalan dan jembatannya juga lebar banget, karena udara di bulan Oktober itu lagi enak2nya jadi  jalan keliling skybridge gitu gak berasa ya kita jalan mengelilingi skubridge itu. wuiiihhh keren yaaa. norak ya gw hahaha.
Foto Dibawahnya aja deh

loket untuk beli tiket ke atas tower



Tangga jalannya menuju skybridge

di Skybridge












Setelah keliling di pudong kita putuskan untuk kembali ke hotel untuk istirahat sejenak dan malam nanti mau balik ke The Bund dan menikmati pemandangan the Bund dimalam hari.
Kembali ke Hotel istirahat dan mandi gak lama kita mau keluar lagi untuk explore Whole Nanjing Road by foot and end up di The Bund, Siapin deh kaki gw. Yang ternyata jauuuhhhh hehe, tapi rame juga turis2 lain pada mau  berbondong2 ke the Bund dan seru jadi gak berasa aja, walaupun kaki udah berasa. Dan kembalinya terpaksa gw naik kereta wisatanya nanjing road hehe kaya keretayang di mall2 gitu cuma lebih besar, dan cuma kereta ini aja yang bisa lewat di nanjing road.
Dan trip hari ini berakhir dengan makan malam di restoran di nanjing yang masuk ke gang dan enak yumm dan mahal.

















 The Cost for Today :
1. City Sightseeing Bus - Y60
2. Lunch Pudong and Milk Tea - Y71
3. Dinner - Y104
4. Kereta - Y10
5. Oleh2 dari Yuyuan - Y140
6. Total - Y385


No comments:

Post a Comment