Wednesday, January 28, 2015

Traveling to China Part 6 : Beijing (Day 4)

Day 4 : Temple of Heaven and Silk Market 

Gak terasa sudah 3 hari gw and suami di Beijing, sekarang hari ke 4 dan besok kita rencana udah mau pindah ke kota lain lagi, kayanya gak cukup waktu untuk  mengunjungi semua atraksi di kota ini, semakin hari semakin betah rasanya, hari ini hari terakhir kita full day disini, yang rencana nya hari ini kita mau menuju temple of heaven, dan mau liat seperti apa sih Silk market itu, tempat belanja yang terkenal yang kalau nawar harus tega (Pengalaman diusir ama pemilik toko hehe). 
Besok pagi kita udah mau menuju Huangshan melalui Hangzhou, dengan beberapa pertimbangan akhirnya gw memilih untuk naik bullet train, kereta yang terkenal itu yang kecepatannya bisa sampai 400 km /jam, mumpung di Beijing karena di Indonesia pan kaga ada kereta kaya gini, karena takutnya kehabisan tiket dan kendala bahasa saat membeli ticket di stasiun, jadi gw pesen bullet train ticket ini di online di websitenya travel china guide (Trustable agent). 
Harus pake nomor paspor dan menunjukan paspor pada saat check in kereta

Hari ini gak mau yang terlalu banyak jalan karena untuk persiapan besok perjalanan selama kurang lebih 9 jam menuju Huangshan harus siap mental dan fisik.
Mengenai Orang China buang ludah sembarangan dan Joroks, pengalaman selama 3 hari disini gw sih merasa belum parah2 amat, memang saat melewati WC umum wanginya sudah semerbak, tapi siapa yang mau masuk juga iihhhh, gw juga ogah masuk, jangankan di china, di sini pun kalau bisa gw ga masuk yang namanya WC umum, karena kata orang untuk ke toilet di china harus pake masker plus bawa tissue sendiri, jangankan di China di sini juga gw bawa tissue sendiri, oleh karena itu udah kebiasaan di tas selalu ada wet tissue, dry tissue, kertas penutup toilet dan masker, aksesoris tersebut selalu ada di tas gw kemana pun gw pergi. Andai kata kita  masuk ke toilet umum ada orang lupa siram pun anggap aja lagi apess haha.. ya tinggal pindah aja cari yang lebih bersih, xixi, dan untuk yang buang ludah sih memang orang2 di china itu kebiasaan membuang ludah sembarangan, bedanya kalau China itu untuk mengeluarkan ludahnya sampai mengeluarkan bunyi arggg itu tuh, klu di sini agak lebih sopan dikit sih, walaupun depan orang gak peduli sampai mental jauh banget hahaha ihhhhh. Kesampingkan hal itu aku di china tidak melihat sampah beserakan dimana2, dan gw ga liat orang membuang sampah di public area, gak ada tuh putung rokok yang gw temuin nyelip2 juga. Jadi Selama 3 hari ini masih aman..
Temple of Heaven
Hari ini Paginya kita mau ke temple of heaven, seperti biasa semua tempat wisata di beijing bisa di tempuh menggunakan subway (hebat ya) jadi gak perlu nyewa mobil atau join tour, jalan sendiri juga aman, menuju ke temple of heaven ini, kita berbuat sedikit kesalahan, *keder hehe, yang harusnya kita jalannya berbalik arah dari exit subway, eh malah kita lurus, karena ngikutin kerumunan (gw pikir kerumunan itu juga menuju temple of heaven) ternyata mereka tidak kesana, alhasil pake sikil lagi nyari pintu masuknya, padahal sebelah kiri kita udah lokasi temple of heaven cuma pintu masuknya belum ketemu, secara temple of heaven ini juga luas banget, setelah berjalan lumayan jauh akhirnya ketemu juga pintu masuknya, beli ticket dan ternyata didalamnya banyak sekali orang2 yang sedang asik main di taman, ada  yang nari, ada yang taichi, ada juga yang main bulu terbang (gw yang namain), pas lagi lewat kita dipanggil sama ncik2 disuruh nyobain main, biasa lah suami gw sih mau aja main, dan karena gw juga dipaksa akhirnya main juga, dan ternyata mereka malah nawarin kita untuk beli satu set raket dan bulu nya, *halah, walaupun begitu menggunakan bahasa mandari sama2 ngerti atau pura2ngarti,  hahaha oalahhh jualan tah, tapi dengan halus pun kita menolak dan pergi lalu melanjutkan keliling lokasi temple yang besar ini, banyak bangunan disini.
setelah selesai berkeliling dan ber foto istirahat sejenak untuk menuju ke silk market.







Selesai kita disini tujuan selanjutnya adalah silk  market. 
Silk Market
Tidak tahu kenapa ya, walaupun kadang kita gak tau dimana gate subway, untuk balik mejuju ke subway dan menuju tempat tujuan lainnya, tapi selalu ketemu tuh, karena petunjuk dan tanda2 jelas bisa ditemukan, dan bisa kita lihat sambil kita jalan, jadi gak perlu kuatir nyasar dah kalo gini, hanya saja, kaki berasa banget nih nyut nyutnya.
Tiba di Silk Market ternyata gambaran mangga dua pindah ke sini haha, karena gw gak berani nawar dan gak niat belanja juga, hanya ingin melihat-lihat, dan karena harga yang dikasih ke kita gila2an maka kita harus nawarnya gila juga, seperti dompet, gw iseng aja mau test tanya itu harga berapa? dia nyebut 2000 yuan *ehbuset mau nawar berape gw? dan gw hanya bisa senyum balik karena gak bisa nawar dan gak perlu2 banget kok beli dompet baru. 
Mariii.. disini gw dapet beli kaos untuk keponakan2 gw, lumayan juga lah harganya gak mahal2 amat harga wajar 30-50 yuan dan setelah itu gw dan suami keliling2, mana tau ada foodcourt atau mini market yang akhirnya ketemu juga hehe, barulah gw beli beberapa snack untuk oleh2 dan makan siang..

Ga bisa jauh dari yang satu itu

Our Lunch dan Oleh2 bags
Setelah selesai makan siang kita rencana lagi lagi dan lagi ke wangfujing street mau liat yang mungkin terlupa xixi, karena dekat dengan hotel dan karena patokan kita untuk kembali ke hotel adalah wangfujing ini jadilah ini tempat persinggahan kita diwaktu kembali ke hotel.
Setelah melewati lagi jalan wangfujing, karena masih terang dan dari pada turun naik subway 1 kali transit untuk menuju hotel, hari ini kita mencoba untuk berjalan kaki kembali ke hotel, sepertinya kalau menurut google map sih dekat dan menurut traveler hanya memakan waktu sekitar 20 menit berjalan kaki dari WFJ ke hotel, hayu kita coba yuks, sama aja naik subway pun harus naik turun tanggal toh..
Mencoba berjalan kaki, sambil melihat2 sekitar, akhirnya sampai juga di hotel.
Sesampainya di Hotel kita pesan makan malan dan memesan taxi untuk besok pagi ke south railway stasiun. 
Waktu Pesan makan malam di hotel menunya sih bervarisi dan kelihatan enak tapi dari orderm sampai makanan dateng lama banget nunggunya, sampai garing dari lapar sampai gak lapar lagi baru dateng tuh makanan, argghh pas makanan laki gw udah abis, tinggal makanan gw kok gak datang2 eh gak taunya ga dibuat.. pengen marah donk gw, udah nunggu lama eh gak dibuat *gw kepret nih.. hehe, mana lapar lagi, kalo di jakarta gw gibang nih hahaha, yawdah lah naseb akhirnya, suami gw bilang kita keluar aja deh kayanya diujung gang situ ada toko roti dan rumah makan, akhirnya kita ke toko roti, beli roti dan ada rumah makan kecil kaya warung gitu kelihatan enak nih gambarnya di tembok gitu, tapi gak tau itu apa, pas lagi bingung2 gitu ternyata di warung itu ada 1 bule juga lagi makan, karena liat kita bingung kata tuh bule, point aja di picturenya yang lu liat dan lu mau, dan ini enak kok, kata dia gitu, yaw dah jadilah gw makan disitu dan ternyara enak juga per porsi sekitar Y20. tapi buat yang muslim jangan makan di sini yaa, setelah makan kenyang waktunya balik ke kamar dan packing lagi dan getting ready for another city.

Cost for Today :
1. Subway to Temple  of Heaven - Y4
2. Temple of Heaven Entrance - Y70
3. Snack At Temple of heaven - Y26
4. Subway to Silk Market - Y4
5. 2 Pcs TShirt keponakan - Y60
6. Lunch - Y52
7. Subway to WFJ - Y4
8. Dinner - Y109
9. Breads for Breakfast and Water - Y60
10. Total - Yuan 389 

No comments :

Post a Comment