Tuesday, January 13, 2015

Traveling to China Part 1 - Persiapan

Jalan-Jalan ke China
Duh.. Gak berasa udah setahun, niat pingin share lewat blog pengalaman traveling gw dan baru kesampaian sekarang itu juga sedikit demi sedikit nulisnya.
Berawal dari cinta gw yang gak kesampaian terhadap Andy Lau hehe, dan ke suka an gw terhadap film-film klasik china pingin banget gw menginjakan kaki ini di Tembok Besar China dan istana raja Qin yang apik bener, Akhirnya kesampaian juga niat ini.. 
awal 2013 udah mulai cari2 informasi mengenai Negara ini dan spot2 apa yang paling dekat kalau mau ke tembok china dan forbidden city ini dan tentunya cari promo tiket donk.
Sempat tanya2 sama temen2 gw dan ajak beberapa temen2, kalau ada yang mau pergi bareng, tapi ternyata kaga ada yang mau.. hadehh... alasannya,  yang ogah ah karena Joroks. 
JOROK itu sih alasan utama temen2 gw, dan pada gak mao kesana (Padahal Belum penah kesana dan Baru denger2 crita2 aja dan baca buku naked traveler Trinity) dan ada beberapa teman yang pernah kesana dan katanya kapok karena Jorok itu.. ditambah beberapa teman yang ... Haa? Berani lu jalan2 kesana sendiri ? gak pake Tour ? ke sana Ke china? kan Pada gak bisa bahasa Inggris? ntar gimana klu mau ngomong? Nyusain diri aja deh.. Tambah tepok jidat lagi deh gw.
Tapi berhubung udah niat dan gw tipe2 orang yang penasaran liat seberapa jorok sih china dibanding di sini dan seberapa jorok stasiun kereta dan bus dibanding disini, (jangan tanya WC umum yaaa, karena disini juga super jorok, gw yakin mau dimana aja  yang namanya wc umum pasti jorok dan jangan tanya kebiasaan ngeludahnya orang china karena disini juga banyak yang membuang ludah sembarangan bahkan sampai jauh kalau bisa adu jauh2an hahaha) dan kalau gak liat dan mengalami sendiri ya penasaran gituh, jadilah gw pergi berdua aja deh sama suami tercinta, langkah pertama yang kita lakukan adalah cari2 informasi sebanyak2nya mengenai China, Bagaimana cara apply Visa dan Airline dan informasi Bullet train sampai subway dan sampai petunjuk dalam bahasa mandarin yang bisa kita print out, dan tentunya Kota mana aja yang mau kita kunjungi dan di kota itu ada apa aja. 
Untuk mencari informasi ini gampang  banget dan semuanya tersedia di website ini  www.travelchinaguide.com, Ditambah buku2 yang gw temuin di gramedia dan informasi dari paman gw yang selalu ada saat gw butuhkan untuk mencari informasi (Paman Google) serta pengalaman orang2 lain  yang  jalan2 ke China tanpa Tour Group yang di share di internet.
udah dapat informasi mau kemana2 aja tinggal buat Peta perjalanan deh dan waktu yang tepat berpergian ke negara ini (mengingat negara ini mempunyai 4 musim) 
Waktu yang paling bagus menurut aku sih di bulan Oktober karena di Oktober itu udaranya  lagi enak banget (sekitar 13 - 17 C) buat gw orang indonesia, udaranya gak panas kaya di sini dan gak dingin banget, tapi kalau keluar pagi dan malam sih dingin juga brrrrrr. Enak banget udaranya jadi gak bt karena kegerahan waktu siang hari kita keliling2. Untuk dicatat kalau mau berpergian di bulan Oktober jangan ke sini di tanggal2 awal antara 1 - 10 oktober karena saat itu lagi national holidaynya china jadi so udah pasti akan ramai banget dan lebih mahal,  Jadi tanggal yang kita pilih yaitu 12 - 24 Oktober 2013 yipiiieee.

Berikut adalah peta perjalanan kita adalah
  1. Forbidden city, summer Palace, Temple of Heaven, Wangfujing dan tentu saja The Great Wall, dll semuanya itu ada di Beijing,
  2. Yellow Mountain, Tangkou, Tunxi.. perjalanan menuju  kesini melalui Hanzhou rencananya nginap disini karena mau liat west lake dan  monumen Patriot Yue Fei  tapi gak keburu waktunya.. next time ajah
  3. Shanghai.. The Big and Modern city
Jadi booking pesawatnya adalah 
Perginya : Jakarta - Singapore - Beijing (SQ)
Intercity : Beijing - hangzhou - Tangkou - Huangshan - Shanghai  (Bullet train & Bus)
Pulangnya : Shanghai - Singapore - Jakarta (SQ)

Setelah Rute fix, mulailah cari2 ticket pesawat yang pastinya lagi promo, yaitu Garuda,Cathay, MAS, SQ, Airasia, Tiger Air. Tapi mati gaya gak ya naik AA atau TA, secara lama di pesawat dan gak ada apa2nya di dalem pesawat, tapi udah di cek ternyata gak murah juga niak AA dan TA kalau di Rupiah in sekitar Rp. 7 jt/ orang, walahhh mahal aje...berarti sekitar US$ 700/person arghh mahal ahh padahal itu budget airline. Aku pergi ke websitenya Cathay walahhh lebih gak masuk budget lagi hahaha.. dan eng ing eng.. aku buka wesitenya Singapore Air.. wuuuuhuiii lagi promo nih aku bedua suami cuma US$ 1031 multiple city lagi  dan bisa stop over singapore for free tapi namanya juga manusia masih mau cari yang lebih murah lagi.. bagaimana dengan Garuda. ternyata garuda lebih mahal dari pada si burung singapore ini.. tanpa ragu aku  langsung booking ajalah SQ di US$ 1031 untuk ber 2 PP sesuai Peta Perjalanan) murah kannnn? Yihaaaaa...

Setelah booking pesawat mulai hunting2 hotel, aku cari hotel semua di Agoda instead of booking.com, kenapa? karena aku sih lebih milih kita bayarnya pake kredit card langsung pake internet dibanding bayar langsung di Hotel (booking.com), ini adalah untuk meminimalisasi pembawaan uang cash karena takut juga ya kalau bawa uang cash banyak nanti kalau ada apa2 kita gak bisa ngapa2in.. jangan sampe deh,, kalau udah booked kan tinggal bawa vouchernya aja beres, gak perlu keluar uang dan membawa uang banyak karena budget perjalanan kita kan pada umumnya 30% nya untuk hotel.
Untuk  hotel seperti biasa (Paket AC+Heater+Hot Water is a must) yang udah gw telusuri sana sini dan akhirnya berhasil dapet yang Murmer 

1. Spring Time Hostel
Rp. 500,000.- an permalam, (Agoda) di daerah Dong si, walaupun awalnya gw gak tau dong si itu dimana hehe tapi katanya sih deket juga kalau mau ke forbidden city cuma jalan 15-20 menit. dan hotel ini punya rekomendasi bagus dari Agoda, Tripadvisor dan Booking.com
2. Pine Ridge Lodge Huangsan
Rp. 500,000.- an permalam (Agoda) Hotel ini pas di dekat gerbang timurnya Huangshan yellow mountain, walaupun masuknya gak bisa langsung dan kita harus naik bus khusus ke atas. Dan ada fasilitas penjemputan gratis dan cukup murah juga.
3. Seventh Heaven Hotel Shanghai
Rp. 700,000.- an permalam (Agoda) Hotel ini pas di east Nanjing dan dekat banget sama mall, walaupun scorenya gak sebagus 2  hotel diatas tapi lumayanlah mungkin karena daerah ramai dan berisik tapi ya udah deh, booking aja.

Tiket udah ditangan dan hotel udah dibooking dan tinggal buka website persyaratan VISA nih, sebenernya rada jiper juga ya udah booking pesawat karena harga promo gak bisa di refund, kalau hotel sih bisa di refund dan setelah semua di  booking baru apply visa, gimana klu visa gw ditolak hadehhh baru kepikiran setelah bayar US$ 1031 hahaha, sambil berdoa dan memenuhi persyaratan Visa, Tapi gak terlalu kuatir juga karena menurut paman google untuk apply China Visa ini gampang kok gak ribet, dan pasti di approve. yah mudah2an deh sambil berdoa.. 

Untuk Urus Visa antara Aku mau urus sendiri atau pake agen atau minta tolong orang, ternyata option terakhir yang aku pilih, aku minta tolong orang (temennya temen) yang biasa ke kedutaan China untuk urus2 surat juga, syarat visa China :
  1. Isi Form - Dapat di unduh dari websitenya
  2. Paspor Asli
  3. Foto terbaru dengan latar belakan Putih
  4. Ticket Pesawat PP
  5. Rencana Perjalanan
  6. Bookingan Hotel
  7. KTP
  8. Akta Nikah (Aku sih gak pakai tapi sempat ditanya)
Gampang kan, gak pake Rekening koran, secara korannya kejual melulu hehe dan gak pake interview.. seminggu kemudiah jadi deh.. Puji Tuhan


Tinggal siap2 mental nih dan buka2 buku pelajaran kursus bahasa mandarin dan sedikit2 belajar bicara walaupun masih gelap haha, dan belajar semua tata cara disana, bagainaman naik transport umum naik subway, naik taxi, cara2 menuju kesana kemari nya disana.. sambil memajukan form cuti ke boss.. dan Puji Tuhan juga di Approve cuti gw dan suami gw.

Berangkat ke China ini kita tidak membeli paket internet apapun atau sewa pocket wifi baik dari Jakarta maupun di China, hanya bermodalkan itinerary lengkap yang sudah gw buat dari Jakarta dan sedikit kata dalam bahasa mandarin yang gw print out lengkap serta printout subway map. 
Wifi yg koneksinya lumayan kenceng dengan mudah kita bisa dapatkan di hotel. FB tidak dapat dibuka di China. Buat kita tidak bisa membuka FB, tidaklah menjadi masalah penting,  *bisa kan kita hidup tanpa FB saat kita sedang berlibur, google masih dapat digunakan. Update 2017, FB, google, youtube, etc sudah tidak dapat dibuka di China.  


1 comment :

  1. Hi Mba,
    aku boleh tanya ga, ini hostel nya ada kamar mandi dalam kah?

    note: balas nya boleh ke email aku di yessy.verni@gmail.com

    thank you
    yessy

    ReplyDelete