Wednesday, January 21, 2015

Traveling to China Part 5 : Beijing (Day 3)

Beijing Day 3 : Forbidden City, Tianamen Square, Beihai Park and More Wangfujing. 

Bangun pagi ini baru terasa kaki pada pegel, argghh tapi harus tetap semangat, itinerary hari ini, kita akan menuju Tianamen Square dilanjutkan ke Forbidden City and Beihai Park and Wangfujing *lagi, mau nyari oleh2 xixi.
Tianamen Square & Forbidden City.
Siapa yang gak tau Tianamen Square, tempat dimana terjadinya revolusi  dan mahasiswa di beijing saat melakukan aksi Protes malah di lindas sama tank dan dibunuh, iseng mencoba mencari infomasi apapun di Beijing, terkait tentang tianamen square ini gak ketemu euy. Google, kata tianamen square di block bahkan wikipedia aja gak keluar, FB, Youtube di block disini. *update 2017 Google dan WA sudah tidak bisa dibuka di China
Tianamen ini adalah pintu masuk menuju ke Forbidden City yang dibangun pada masa kerajaan Ming (Wikipedia), istana itu ada dari kerajaan Ming sampai kerajaan Qing. 
Lapangan Tianamen square sih gak ada apa2nya, hanya lapangan gitu ajah, tapi dari sini kita dapat menuju Forbbiden City. Istana ini sudah beberapa kali hancur tapi dibangun ulang lagi sama pemerintah cina tanpa mengubah konstruksi awalnya.
Dari Hostel, naik subway 1 kali menuju ke tianamen square dan mudah banget, begitu keluar subway udah langsung di tianamen nya dan tepat didepan gatenya forbidden city.
Secara gw kebelet banget kesini sambil, asik kan menghayal masa2 kerajaan kaya di film seri Gong, heheh. 
Jangan kaget karena disini sangat ruamai sekali pengunjung, semua orang dari penjuru dunia mau melihat tempat ini. Di forbidden city ini banyak juga calo yang menawarkan jasa untuk membelikan kita tiket masuk dan mengantar keliling istana, tapi kita lebih memilih mengantri sendiri untuk membeli ticket dan membawa buku panduan dan peta sendiri aja *menghemat dari pada nanti bayar guide nanti mahal, dan gak bebas pulak mending jalan sendiri.
Begitu masuk kedalam, pantes saja banyak calo yang menawarkan ticket, karena loket untuk membeli tiket masuk, antriannya puanjang banget, untungnya udara gak panas jadi ngantri juga gak bete berasa dijemur. Kerja petugas loket disini bisa diacungin jempol juga karena kerjanya cepat, antrian panjang pun tak terasa cepat jalannya. Setelah dapat ticket, karena belum sarapan jadi kita mampir ke PKL yang didepan gerbang Forbidden City, PKL2 ini nampak teratur dan seneng deh liat yang dijual, aneka snack2 gitu dan rasanya ingin gw beli semua roti bentuk lucu2, akhirnya kita memilih untuk membeli roti dan air, sambil kita makan sebelum masuk ke dalam. 
Didalam istana ini, terdapat beberapa kios yang menjual oleh2 dan makanan, tertarik sama sosis babi, beli juga dan nyobain *hehe enak enak. Setelah puas keliling2 foto2, FYI, untuk mengelilingi semua bangunan disini kalau mau semua kita lihat dan berlama2 dapat menghabiskan waktu 1 harian. Setelah dirasa kita sudah menikmati dan puas keliling walaupun tidak semua bangunan karena kita menghindar dari kerumunan turis2 dari  berbagai tour group yang cukup buanyak banget. 
Didalam bangunan ini ada sebagian terutama bagian utama bangunan ini, para pengunjung hanya bisa ngintip saja, yang ternyata tidak boleh masuk ke dalam ruang utamanya untuk menjaga agar supaya tidak rusak kali ya,  karena itu beberapa bangunan diberi pagar dan kita cuma bisa liat dari luar.
Selagi keliling istana sambil menghindar dari kerumunan orang2, selagi jalan, ada serombongan anak2 muda yang dari bahasa dan gaya berpakaiannya sepertinya orang korea dan bener banget ternyata mereka dari korea, ayyyy jadi inget Lee Min Ho, hehe Postur Orang korea itu lebih besar2 juga ya dari kita, next trip nabung ke korea ahhh. Mereka bicara sesuatu sama suami gw, ternyata mereka minta foto ama laki gw.. haiya gak di indonesia and di china juga laki gw kaya artis hahaha dan mereka juga nunjuk gw, nasep gw biasa jadi juru foto, eh ternyata mereka mau gw juga ikut foto, hehe pisss dua jari. 
Ada juga foto booth yang menyewakan baju tradisional dan berfoto, gw ogah ah pas dilihat harganya mahal, dan saat itu pas liat ada yang udah pake baju tradisional lagi selfie mending gw selfie aja ama dia xixi.





Beristirahat sebentar selanjutnya adalah menuju Beihai Park.
Beihai Park, 
adalah merupakan sebuah taman yang pertama kali dibangun di abad ke 11, mari kita liat2, biasanya di china tuh orang sangat senang ke taman, di taman ini mereka biasanya main, jalan2, duduk2 dan senam gitu. 
Menuju kesini dari pintu keluar Forbidden city, kita hanya 1 kali naik bis, pertama kali naik bis dalam kota, kita tidak tahu harus bayar berapa, kalau bus disini ada supir dan mirip sama kondektur tapi kondektur ini gak jalan narik uang dari kita dia cuma duduk dekat tempat koin, dan mengawasi kita, memastikan kali ya uang yang dimasukin bener, gw tanya berapa cuma ngacung jari telunjuk maksudnya adalah 1, katanya, oww murah yaa. 
Bis di china ini juga tidak dapat berhenti di sembarang tempat, harus di halte bis yang sudah ada. Bis berhenti tepat di depan beihai park dan kita masuk serta keliling2 disini. Seperti halnya di indonesia, di beberapa spot ditaman, ada booth yang jual snack dan minuman, penasaran sama botol yang selalu dibawa2 sama orang2 yang lagi keliling, kira-kira minuman apa, jadi kita memutuskan membeli minuman itu, ternyata yogurt, waalahh sehat2 ya orang china, makanya jarang ada gw liat orang disini yang gendut xixi, selain snacknya sehat mereka banyak jalan kaki. contohnya di subway, untuk transit dari line satu ke line lainnya, itu jalannya jauh, naik turun tangga dan tangganya ada beberapa yang eskalator dan masih banyak juga yang tangga, di singapore masih gak terlalu jauh jaraknya, kalau di china udah turun masih turun lagi trus jalan ke kiri belok lagi ke kanan trus naik lagi, dan lagi menuju exit-nya aja jauh jalannya musti belok kanan kiri pas berasa ada hawa dingin pasti udah mau nyampe pintu keluar deh hadeh, kalau di Indonesia mah gak bisa bayangin dah gw, pasti pada protes jalannya jauh jadilah mending pake motor aja cuma 200 meter pake motor #tepokjidat, dan bisa bayangin dong di cina tuh orang jalannya cepet gak lelet kaya disini, walaupun begitu di tangga ataupun eskalator ada jalan khusus untuk yang mau lebih cepat dan yang mau lebih lambat, dan yang lebih lambat juga menghormati orang yang mau lebih cepat dengan tidak berdiri atau jalan di sisi orang yang mau cepat2, dan teratur gitu gak nabrak2, dan walaupun rame banget, tapi antrian subwaynya lancar, yang mau naik pasti akan tunggu yang turun dulu baru pada naik, padahal pintu keretanya gak lama terbukanya cuma 3 menit, kalau gak keburu ya tunggu kereta lain, dan untuk masuk ke subway itu kita semua calon penumpang gak cuma harus tap kartu tapi tas juga harus di scan kaya di aerport gitu, sambil bermimpi kapan di indonesia bisa kaya gini ya..
Hari ini belom berasa nih yang suka ngeludah sembarangan itu dimana yaa, nanti deh gw cerita ini xixi, Setelah puas keliling2 taman dan foto2 dan tak lupa juga menikmati yogurt





Setelah Puas Jalan2 rencana hari ini mau balik lagi ke Wangfujing karena kemaren itu sudah malam belum sempat liat2 dan mikir oleh2 apa yang perlu dibeli dan kita rencana mau makan bebek peking, kalau ke Beijing gak makan ini gak afdol, tapi ternyata muaahall dan rasanya enak sih, cuma perut gak nendang hehe
kita makan di dadong restoran, restorannya ternyata restoran mewah, sementara kita pada kumel abis jalan2 namanya juga haha gpp lah cueks aja, bener aja pas liat harganya langsung menyerah gw haha tapi yang utama ialah mau nyobain bebeknya ajah dah ah.

Habis ini balik ke hostel, istirahat dan persiapan besok mau jalan lagi, gak terasa ya udah 3 hari disini, banyak yang masih mau dikunjungi tapi waktunya sepertinya kurang, sampai di  hostel gw mau cek resepsionis ahh, apa ada yang antar ticket bullet train kita ga ya (order lewat traveling china guide), karena rencananya lusa kita mau ke Huangshan the Yellow Mountain. 

The Cost for Today (Yuan)
1. Subway Tianamen - Y4
2. Breakfast Forbidden city - Y20
3. Forbidden City Entrance - Y120
4. Snack+magnet kulkas - Y60
5. Bus to Beihai and return - Y6
6. Beihai Park entrance - Y42
7. Snack at Beihay - Y25
8. Subway to WFJ - Y4
9. Lunch - Y200
10. Subway To hotel - Y4
11. Total - Y485

No comments :

Post a Comment