Tuesday, June 16, 2015

Traveling to Medan : Betah dengan sejuknya Kampung Tuktuk, Samosir

Setelah sukses trip Belitung bulan sebelumnya, gw dan suami juga berencana untuk ke Medan, setelah dipikir thn 2013 gw banyak traveling juga yak hee, Puji Tuhan gw dan suami akhirnya merasakan menginjakkan kaki gw di Sumatera, yang pertama ke Belitung dan sekarang Medan. Trip kali ini gak pake acara kepantai secara bulan lalu kita udah puas nge pantai di Belitung.
Tapi Liburan kali ini di Medan merasa liburannya kurang banget selain waktunya mepet dan jadi suatu hari nanti pingin ngulang lagi kesana hanya untuk menginap beberapa hari di desa Tuk-tuk, gw suka banget selain pemandangannya indah dan udaranya juga sejuk.
Seperti Biasa Persiapan awal adalah booking tiket pesawat dan pesawat yang ada dan lagi promo waktu itu adalah Citilink, yap gw dan suami beserta ke 2 teman gw yang juga suami isteri yaitu kiki dan nunu booking tiket pesawat Citilink untuk jalan-jalan ke Medan dan Samosir. 
Waktu itu sempat juga pingin pake operator tour tapi mentok lagi karena gw pikir ya udahlah jalan sendiri aja, gw cari2 sewa mobil selama 3 hari di Medan dan booking hotel dari jkt.

Rute/Itinerary yang gw atur untuk traveling ke medan adalah
Day 1
Jakarta-Medan, 
langsung ke Parapat untuk nyebrang ke Samosir (supir nunggu di Parapat) dan menginap 1 malam di Samosir (Sarapan soto medan sinar pagi dan kelilling samosir).
Day 2
Dari Samosir ke Berastagi menginap semalam di Berastagi (sipiso-piso, BPK Tesalonika)
Day 3
Dari Berastagi ke Medan dan menginap semalam di Medan (Bukit Gundailing, taman alam lumbini, merdeka walk)
Day 4
Medan - Jakarta
(Hunting oleh2)

Hotel yang kita Pakai waktu trip di Medan selalu always booking lewat Agoda dan atau telepon langsung sih bisa atau cek disini aja Hotel Medan dan dibawah ini adalah beberapa rekomendasi tempat kita menginap
1. Hotel Carolina (Tuk-tuk) - Telephone langsung Hotel Medan (Lumayan) 6/10
2. Hotel Green Garden (Berastagi) - Lumayan 7/10
3. Hotel Hermes Palace (medan) - Bagus 9/10

Day 1, Hari pertama menginjakkan kaki di Medan, rute pertama sebelum ke samosir adalah makan soto medan (buset pagi2 makan soto) tapi penasaran sama rumah makan sinar pagi hihi yang katanya ramai dan enak, kebetulan sampai disana masih pagi, jadi pas waktu untuk sarapan, kita diantar oleh bapak sopir yang gw udah booking mobilnya selama 3 hari di medan. ternyata pagi2 gini ini rumah makan penuh ya dan banyak yang makan disini dan sotonya yang yummie, 




setelah kenyang makan soto kita langsung capcus ke Parapat yang perjalanannya memakan waktu kira2 selama 3-4 jam dari medan, sambil tidur bangun tidur lagi belom sampe2 hee.
Setelah sampai di parapat, kita janjian sama pak sopir untuk besok dia akan tunggu kita dimana, sambil kasih dia uang saku dan uang untuk menginap di penginapan di Parapat dan kita menuju ke Pulau Samosir, dan pak Sopir menunjukan dan mengantar  kita ke  perahu yg kita naik yang akan langsung menuju ke Hotel tempat kita menginap, disini ada insiden yang aneh terjadi, tiba2 aja pas kita lagi enak2 foto2 dan liat2 pemandangan di atas kapal, ada seorang pemuda datang menghampiri kita, dia nanya dengan logat Batak dunk tentunya :D, eh kalian gimana caranya naik ke kapal nih?? trus jawab gw sambil cuek ya diantarlah pak sama teman saya, trus dia jawab lagi "kok aku gak liat, gak tau", yee emang lu siape musti lapor situ, mana kita tau dalem hati gw hehe tapi temen gw meladeni dia dengan baik jawabnya, lalu dia tanya lagi "Udah dapet tempat menginap di samosir? trus gw jawab udah, udah booking. Trus dia langsung merespon "wah miskin kali kita nih" miskin banget ya!!" trus gw udah engeh nih orang sepertinya calo hotel tapi temen gw masih menjawab dengan senyum "Maksud Bapak apa yaa?, sambil gw bisikin ke teman gw udah gak usah dijawab kayanya stress tuh orang reseh. Maksudnya miskin karena mereka gak dapat langganan kali tapi yaw dah kita cuek aja abis itu. Pelajaran gw denger dia nawarin ke orang lain dan orang yang ditawarin itu jawabnya Udah pak kita dijemput sama sodara disana" trus orang itu langsung pergi, ooohhhhh gitu jawabnya biar ga ngeselin.. hadehhh baru mulai perjalanan udah ada orang yang bikin BT tapi gw gak mau berlama2 BT nya ahhh, terlalu indah pemandangannya dan sejuk udaranya untuk dibawa BT, setelah perahu penuh kita baru jalan yang mana seperti biasa dunk yang namanya di Indonesia tuh kesadaran orang2nya belum ada dan banyak yang merokok diatas kapal huhhh paling sebel... Selama kurang lebih 30 menit perjalanan menuju ke penginapan Carolina di Pulau Samosir dan kita langsung kita di drop oleh kapalnya di belakang hotel yang menghadap ke danau dan setiap tamu2 hotel yang menginap di drop di hotel masing2 yang sebelumnya kita harus lapor langsung dengan petugasnya. Apik juga sih.



Hotel Carolina


BT abis nih, alias nyambung BT nya, hikss. Karena sesaat kita sampai dihotel dan check in, Hujan deres turun yang bener2 gak becanda hujannya dan kita terdampar didalam kamar hiks hiks, gak ada yang kita bisa lakukan cuma nonton tipi dan Tidur hiks hiks jauh2 ke sini trus Hujan.


Hujan huaaaaaa 
Lumayan lama juga nih hujan, yah rencana hari ini mau keliling pulau batal deh, karena inilah gw pingin balik kesini lagi someday karena keliling Pulang Samosirnya belum puas. Alhasih kita gak kemana2 hari ini cuma tidur dan tunggu hujan berhenti yang hampir seharian dan keluar2 kamar udah jam 6 sore, hiks yaw dah kita makan malam aja di hotel carolina, yang lumayan enak sambil duduk2 menikmati udara malam dan suara2 riak air danau yang enak banget, mana pernah nih gw ngalamin kaya gini, suasana santai dan nyaman sambil ngobrol2 ditepi danau yang nyaman dan sejuk.


Ternyata kampung tuk-tuk banyak juga turis asingnya dan setelah makan malam, waktunya untuk tidur dan istirahat sambil berharap besok gak hujan jadi kita bisa keliling jalan2 di pulau samosir sebelum kita kembali ke parapat.

Day 2,
Pagi2 udah bangun untuk sarapan dan puji Tuhan gak hujan, sambil menunggu jam 2 jadwal kapal untuk kembali ke Parapat, pagi ini kita mau rencana jalan2 sewa Motor untuk keliling Pulau Samosir, dan ternyata sambil keliling menikmati sejuknya udara sambil lihat alam sekitar nan Indah asli bagus baget view nya nih Pulau, perjalanan kita terus menusuri jalan dibukit diatas dan ditepi danau, kita menuju ke Tomok, ada beberapa tempat wisata disini dan tidak lupa dunk membeli oleh2 khas Samosir.










Tetep suami gw selalu jadi artis dadakan 


Setelah puas keliling dan beli oleh2, gak ke Medan namanya kalau gak sempetin makan Bapang ehenmm, dan pas pula waktunya untuk makan siang, nemu kedai kecil di dekat pelabuhan kapal ferry dan makanannya... yummmmm



Ngintip lagi manggangnya
Setelah kenyang makan dan oleh2 udah dapat waktunya kembali ke hotel untuk siap2 kembali ke Parapat argghhhhh waktu cepet amat sih, kita belom kemana2 baru ke arah sini, tapi nanti deh mengulang lagi, masih setelah sampai dihotel kita keliling2 hotel sambil foto2 dilokasi hotel dan ternyata sesuatu terjadi lagi yang gak bakal gw lupa sepanjang sejarah perjalan-jalanan gw haha hadehhh.. begitu sampai di Medan gw baru inget - Jaket hitam dan oleh2 yang gw beli ketinggalan di hotel Carolina.. crappp, arghhhh, satu kantong plastik oleh2 arhh kalu pikir2 masih sakit hati hikss. Waktu gw sadar gw telephon balik ke hotel Carolina yang kata petugas hotel tidak bisa menemukan kantong plastik oleh2 dan jaket gw, sempat gw kesel karena berarti hotel nya gak bisa dipercaya, mereka bilang ke gw kalau mungkin barang gw diambil tamu lainnya, tapi gw balas balik ke mereka, Coba Pikir deh kalau kita tamu hotel melihat ada kantong plastik hitam kresek dan jaket diatas meja, apa kita sebagai tamu akan mengambil atau bahkan melihat apa itu, kalau gw sih di pikiran gw pasti eh itu punya tamu itu yaw dah diemin aja disitu, tapi semua orang gak ada yang ngaku melihat atau ketemu barang gw, yaw dan deh melayang tuh oleh2 dan jaket gw hikss, berarti gw bisa kedinginan nih di berastagi.

Itu kantong plastik kresek dan jaket gw sesaat sebelum ketinggalan dan hilang hiks
anyway yawdah lah relakan saja hiks, setelah kita selesai disini kita dijemput lagi di Parapat dan kita menuju ke Berastagi dan dalam perjalanan kesana kita akan mampir ke Airterjun Si Piso-piso yang airterjunnya seperti pisau katanya hehe, dari pemandangannya itu bagus banget dan sangat spektakuler namun hikss kesadaran orang2 diarea ini dan turis2 yang berkunjung kurang, karena sampah dimana2 dan sangat kotor apalagi di tempat parkirnya dan di tangganya yang menuju ke Airterjun, sedih banget ngeliatnya padahal ini sangat indah banget, awalnya pingin turun kebawah sana cuma ditengah jalan paha dan tangan gw langsung disambut sama nyamuk apapun juga itu yang buat gw bentol besar2 jadi gw gak jadi turun deh hiks




Gak tau digigit apa ninh hadehh

setelah dari si Piso-piso kita langsung menuju ke hotel yang gw udah bookin untuk menginap semalam disana, dan setelah check in, makan malam kita mau cari BPK ahhh udah sampe disini kalo gak makan Babi Panggang Karo gak afdol sambil dikasih tau sama pak supir 





Babi baru datang heee

yummm
Baru sadar setelah 2 hari di medan sambal yang dikasih ke kita itu yang warnanya agak2 merah  itu mengandung darah gw pikir itu sambal merah dan karena bedasarkan kepercayaan gw gak boleh makan darah, jadi pas hari ini gw udah tau dan kita cuma minta sambal hijau disana itu dan rasanya tak terbayang kan yummmm
setelah makan kita langsung balik kehotel untuk istirahat untuk besok kembali ke Medan.
Day 3
Pagi2 kita check out untuk kembali ke medan dan rutenya nanti kita akan mampir di Bukit Gundailing, dan ke pasar buahnya dan setelah itu kita akan ke Taman alam Lumbini, pokoknya medan dan sekitarnya itu bagus banget dan indah cuma sayang di tempat wisatanya kotor dan kuda atau andong itu pupnya kuda bertebaran dimana-mana karena gak dipakai tatakan yang ada kita sambil jalan harus lihat dan hati2 karena banyak pup kuda hadehhh.






Setelah puas jalan2 waktunya kembali ke Medan, untuk check in hotel di medan dan makan malam di Toko Legendaris yang sudah ada di medan sejak jaman dulu namanya Restoran Tiptop  dan nyantai di hotel sejenak untuk nanti sebentar malam mau main ke merdeka walk  yang gak jauh dari hotel namun gak bisa jalan juga ternyata harus naik taxi hihi karena mobil sudah selesai tinggal kita naik kendaraan umum deh. Gak gitu istimewa banget sih merdeka walk sama aja kaya di Jakarta dan tanggerang mallnya seperti Sms mall yang makan di luar gitu dan banyak cafe2, gw kesana cuma nyoba pancake duriannya ajaa.



View kota Medan dari Hermes Palace Hotel
Santai di Rooftop hotel hermes palace
Day 4 Last day in Medan
Setelah bangun pagi hari ini waktunya kita cari oleh2 yang khas medan yaitu Bika Ambon dan Meranti, setelah hitung2 dan tawar2 naik bentor atau taxi untuk ke 2 toko tadi, akhirnya kita putusin booking taxi blue bird yang ternyata bapaknya bersedia kok nunggu kita belanja di dua toko tersebut dan diantar sama bapak supirnya tepat di toko bika ambon dan meranti. Dan setelah itu kita jalan2 disekitaran hotel ke museum, ada kejadian gak enak lagi nih hadehh, pas kita lagi cari2 Tjong Afie Mansion karena gak tau kita tanya sama anak sekolahan berseragam SMA, namanya turis domestik kita mau tanya dunk, dek kamu tau gak dimana letak Tjong Afie Manssion itu tuh, eh surprise juga gw dijawab cuma dengan mengangkat bahu dan jawaban singkat "gak tau" udah trus dia pergi, kurang ajar banget ya tuh anak hadehhh medan2 kesannya gak ramah nih ama kita hee maap ya klu ada yg orang medan, soale pengalaman gw gak enak. 





Setelah puas jalan2, oleh2 udah dapat, ke Jakarta tercinta ku kan kembali dan gw sangat suka sama medan tapi orang2nya kurang ramah yg gw temuin dn pemandangan dan potensi wisatanya sangat2 bagus sekali dan gw akan mengulang kembali ke medan suatu hari nanti

No comments :

Post a Comment