Traveling to Belitung : Surganya Para Pecinta Pantai

Belum telat kan ya gw update Blog gw :) secara trip ke Belitung udah 2 tahun yang lalu, gak berasa juga yaa, but anywei masih relevan sih sepertinya hanya mungkin harga2 aja yang sudah berubah namun gw akan coba berbagi pengalaman tentang gimana caranya menikmati jalan2 sendiri.
Waktu itu kepikiran dan mupeng banget kalau liat orang2 pada photo2 di pantai yang batunya besar-besar, kepingin join trip gitu namun waktunya belum ada dan dihitung2 juga lumayan mahal dan seperti biasa dan yang pasti kalau kita join tour group itu kita berasa gak bebas bergerak semau kita. Akhirnya Kami, gw dan suami berdua ke Belitung gak pake tour agent.
Seperti biasa, mencari informasi lewat google adalah sesuatu kebutuhan atau keharusan yaa? :) biar kita dapat apa yang kita cari dan apa yang perlu lihat dan lakukan dan tempat2 yang apa yg must see di belitung, dan juga cari2 operator yang bisa dipercaya dan baca2 pengalaman2 orang lain disana dan mengumpulkan semua info barulah gw jalan dan memulai dengan jariku hee
Step 1, Berhubung gw perginya kesana saat long wiken jadilah tiket pesawat rada mahal. Waktu itu pesawat yang terbang ke Belitung hanya ada Sriwijaya dan Batavia, namun ternyata Batavia mengumumkan kebangkrutannya sebelum gw pergi jadilah yang ada cuma satu-satunya alias the one and only Sriwijaya air. Namun selang beberapa lama setelah itu Citilink dan Garuda buka rute kesana jadi lebih banyak opsi menuju ke Belitung, ternyata Lion Air juga ada tuh. Kesemuanya bisa dibooking online yang harga kisarannya 1-1,5 juta PP.
Step 2, Setelah tiket pesawat beres tiba waktunya pilih2 penginapan disana, agak-agak gak ngebayang juga sih letak penginapannya dimana, waktu itu gw pilih penginapan yang rada dekat ke kota instead of dekat ke pantai, karena kenapa?? takutnya daerah pantai susah cari makannya hehe, namun gak usah kuatir juga sih sebenernya. jadilah kita pilih penginapan di dekat pantai Tanjung Pendam dan agak sedikit ke tengah kota. cari2 di Agoda dan referensi dan review sana sini lewat beberapa situs akhirnya gw pilih hotel Lux Melati Tanjung Pandan, Karena judulnya juga jalan2 dan biasanya kami cari hotel yang standart aja yang penting bersih, ada AC, hot water dan deket kemana2, lebih nomor 1 lagi yaitu Murah :D dengan harga Rp. 300,000.- sudah termasuk sarapan, book disini aja Hotel Belitung . Hotelnya sih rekomended untuk yang budget taraveler seperti gw, bersih dan kamarnya luas, tempat tidurnya juga enak, cuma agak bisa dengar orang ngobrol dikamar sebelah, tapi kita bisa istirahat kok, sarapannya standart hotel melati, prasmanan datang langsung ke ruang makan, ada nasi goreng atau mie goreng beserta teh dan kopi. hotel ini bukan hotel untuk yang ngarepin fasilitas lengkap sih, karena gak ada apa2nya, cuma untuk istirahat aja itu juga kan yg kita butuh.

Step 3, Persiapkan Jadwal mau ngapain aja disana dan kemana aja buat itinerary sendiri seperti dibawah ini yang gw buat.
Day 1 :
08.35 – 09.35 Berangkat dari Jakarta
09.35 – 10.00 Menuju Hotel
10.00 – 11.00 Istirahat
11.00 – 16.00 Pantai Tanjung tinggi & Bukit Berahu
16.00 – 18.00 Istirahat
18.00 - 20.00 cari oleh2 di Toko OK (Oleh2 Keluarga ) kearah tanjung pendam
21.00 -            tidur
Day 2 :
08.00 - 09.00 Pantai Tanjung Binga untuk ketemu pak perahu
09.00 – 14.00 Sewa Perahu keliling2 pulau
14.00 – 15.00 Balik ke tanjung tinggi makan siang disana
15.00 – 17.00 Kembali ke hotel
18.00 – 19.00 Isitirahat
19.00 – 20.00 Dinner Mie Belitung ( dekat KFC tanjung pandan)
21.00 Tidurrr
Day 3 :
09.00 – 15.00  Manggar (Desa laskar pelangi)
15.00 – 16.00 kembali ke hotel Istirahat
16.00 – 18.00 Isitirahat
18.00 – 20.00 Jalan2 disekitar hotel – ke pantai tanjung pendam
21.00 - Tidurr
Day 4 : Tanjung Pandan - jkt
Step 4, Tentukan Moda transportasi, Untuk Transportasi kita pakai jasa Belitung travel bisa di cek disini di websitenya yaitu http://www.belitungtravel.com/ bukannya promo hehe tapi servisnya lumayan bagus makanya gw share, dengan rincian sbb :
1. Antar dan Jemput bandara-hotel /hotel bandara (hotel lux melati)Rp.30.000/Orang x 2 x 2, Rp.120.000 (Harga Tergantung jarak hotel – Bandara)
2. Rental motor 2 hari Rp.60.000 x 2, Rp.120.000 (Harga   Tergantung Motor dan lama sewa)
3. Rental perahu, Rp.400.000 (Belum termasuk sewa alat snorkeling)
4. Rental mobil avanza Rp.500.000  (Termasuk Bensin &supir)
di No. Tel : 081949203600 pak kusdian, dan mereka juga bisa sih ngatur traveling sesuai dengan budget kita, tapi gw pilih 4 item diatas aja untuk kemana2nya gw yg tentuin sendiri.

Day 1,
Paling sebel sih kalau berangkat dengan pesawat pagi karena gw harus udah berangkat dari rumah setidaknya 3 atau 4 jam sebelumnya, gak mau kan kita telat dan ketinggalan pesawat, klu gw ama suami gw sih selalu usahakan untuk berangkat lebih awal, karena kita gak tau juga keadaan lalu lintas gimana.. huft. Pukul 8.35 ontime Sriwijaya Air take off dan landing jam 9.35 di Tanjung Pandan. Sebagai penyuka jalan-jalan gak bisa dipungkiri kalau setiap gw traveling kemana aja, mau di Indonesia atau di luar negeri, yang paling penting menurut gw adalah saat kita menginjakkan kaki kita di tempat tujuan baik itu airport, stasiun kereta maupun bus, kita harus sudah kenali dulu lingkungan tempat tujuan kita, pada saat landing atau merapat, kita gak mau kan nanti kena tipu atau apapun bentuknya karena kita gak tau dan gak mau kan di hari pertama nyampe di tempat tujuan kita langsung bete (seperti waktu dibali hehe), makanya menurut gw yang paling penting adalah cari info sebanyak2nya  tentang lokasi tersebut, cara keluar airport, stasiun, dan kendaraan apa yang nyaman dan aman buat kita, sehingga terhindar dari segala sesuatu yang tidak kita inginkan. Biasanya pilihan gw adalah di jemput atau booking airport transfer, atau blue bird tapi blue bird kadang ada airport tertentu gak dibolehin masuk, gpp sedikit mahal tapi aman dan pasti. kita bisa mengirit biaya di post lainya, ini untuk di Indonesia aja sih, soalnya berdasarkan pengalaman gw, di negara lain seperti Singapore, China, Thailand connecting between airport-taxi-bus- subway udah bagus kita tinggal cari petunjuknya aja dan sudah jelas semua, nah di Indonesia ini yang menurut gw belum jelas, biasanya kalau kita gak tau pasti langsung di kerubungi orang2 seperti calo taxi, taxi gelap dan porter yang sedikit maksa (biasanya di pelabuhan) yang alhasil kalu kita gak tau jadi bulan2an mereka deh, maka nya gw suka wanti-wanti suami gw untuk selalu waspada jangan biarkan orang yang sepertinya baik mau nolong mengankat atau menarik koper atau barang bawaan kita dan harus bergerak cepat karena nanti bisa kena palak dan mereka akan berharap dan lebih parah maksa minta uang dari kita. (bukannya mengunder estimate sih tapi kenyataannya begitu, gimana dunk dan gw berharap bisa berubah)
Hari Pertama gak gitu banyak sih jadwal kita, gw minta kita dijemput di airport dan setelah tiba dan gak susah juga orang yang gw hubungi melalui internet telah standby menjemput kita di bandara, setelah semua transaksi selesai bayar2 an yang dibayar dimuka kita diantar sampai di hotel dan di depan hotel udah ada motor yang akan kita pakai selama 2 hari ini di Belitung, yipieee.
Huftt berhubung tadi berangkat pagi dari Jkt, sekarang yang mau kita lakukan adalah istirahat sebentar dan mulai jalan lagi :D, awalnya sih kita gak ngebayang kemana dan gimana menuju tempat2 wisata di sini tapi bermodal awal tanya2 orang dihotel kalau mau ke pantai tanjung tinggi caranya gimana dan gw waktu itu gak pake GPS haha belum punya HP android yang ada cuma BB yang GPS nya lemot, jadilah kita pakai GPS yang satu lagi (Gunakan Penduduk Setempat) hehe. Sambil ikutin papan/board petunjuk jalan yang lumayan Jelas namun kadang ada juga yang gak jelas, kadang kita musti liat papan petunjuk dari arah berlawanan, lucu deh, tapi penduduk belitung sih rata2 ramah2 kok mereka pasti akan kasih tau kita jalan kesana, Jalan menuju Tanjung Tinggi lumayan jauh ternyata dari hotel tempat kita  menginap, dan dari hotel tempat kita menginap ambil arah kiri hotel dan jalan terusss aja ikutin jalan itu dan jalanannya gak pake macet dan juga jalannya santai, asik dam enak, jadi kita nikmatin aja perjalanan pake Motor dari Tanjung Pandan ke Tanjung Tinggi.
Setelah tanya sana sini dan sempat nyasar akhirnya sampai juga di pantai Tanjung Tinggi yang kesan gw wow wow keren tapi hiks selalu ada tapinya, batu2 besar itu ada coret2an tangan gak  bertanggung jawab hikss

Pantai sepanjang jalan menuju tanjung tinggi
foto dlu ahh

sayang banget tuh tulisan2

Pinginnya nyebur deh tapi kenapa males haha dasar nih emang, yaw dah kita jadi main2 dipantainya aja deh dan berhubung udah waktunya makan siang, kita mampir di salah satu resto di tanjung Tinggi, buat kalian gak usah kuatir kelaparan karena disana ada beberapa resto  yang menyajikan seafood yang harganya lumayan dan makanannya enak, tapi gw lagi gak bisa mengecap makanan saat itu maupun mencium apapun, karena indera pesara dan penciuman gw terganggu selama trip ini, karena gw pas lagi mau berangkat ke Belitung lagi sakit Flu berat, pelajaran buat teman2 ini bahaya juga sih tapi puji Tuhan gw sampai saat ini gak kenapa2. coba bayangin aja gw disana gak  bisa merasa makanan itu enak apa gak yang bisa gw rasaain plain dan pedas ga ada asin, ada sih, wangi dan spesial apapun gak bisa gw rasa dan ada penjual terasi disitu juga (belitung terkenal dengan terasinya dan enak kata temen gw) gw gak bisa cium bau terasi, coba deh sampe gitu, gw bilang ke abangnya kok gak bau apa2 ya bang..?? awalnya gw gak engeh kalau indera perasa dan penciuman gw hilang beberapa hari di belitung, tapi sadar2nya udah hari ke 2 dan pas sampai di Jakarta buset terasi bau gini gw gak bisa cium disana hahaha. Tapi beruntung ada suami gw hehe. Dia bilang terasinya bau dan makanannya enak, jadi gw nulis berdasarkan yang dia rasa bukan gw hikss.. tapi pasti enak dunk dilihat dari gambar ini iya gak?

coba deh makanan kaya gini gw gak maksimal nikmatinnya hikss
Eh belajar makan pake tangan juga ala indonesia hehe
Setelah kenyang dan puas, puas sama rasanya dan harganya selanjutnya adalah balik dan melanjutkan perjalanan kita ke next destination yaitu Bukit Berahu, sebenernya awalnya gw pingin nginap disini tapi karena katanya jauh kemana-mana, jadi gw cancel, yaw dah kita cuma main aja kesitu dan liat2 hotelnya dan nongkrong minum juice ajaa, sempat nyasar juga menuju kesana karena jalanannya sepi dan muter2 dan tanya2 orang sekitar akhirnya nyampe juga

Jalan menuju Bukit Berahu
Hotel Bukit Berahu

Olahraga tiap hari ini klu nginep disini
selesai dari sini kita kembali ke hotel untuk istirahat dan keluar lagi untuk pergi ke tempat toko oleh2 yang cukup terkenal di belitung yang namanya Toko OK (oleh2 Keluarga) yang letaknya berdasarkan google yg gw udah cari2 sebelum berangkat yaitu ke arah tanjung pendam, dan ternyata agak susah juga ketemu tokonya padahal dipinggir jalan, sebenernya cuma karena sepi dan agak gelap disana jadi kelewatan juga. Toko ini cukup lengkap dan ramai juga ternyata,  semua ada dsini dari terasi sampe kaos2 lengkap kaya krisna Bali tapi lebih kecil, jadi gak usah kemana2 lagi nyari oleh2, setelah belanja oleh2 di samping toko ada resto yang kelihatannya enak dan lumayan rame juga nih, akhirnya kita putusin untuk makan malam dulu disitu dan  kembali ke hotel dan istirahat untuk besok siap2 kita akan keliling pulau2 sekitar.
Total Expenses for Day 1
Ticket Pesawat                      3,203,600 (long weekend)
taxi rumah-airport                   150,000
Hotel (Agoda)                          900,000
Sewa Motor 3 Hari                  180,000
Total Today                           5,046,400

Day 2
Yeay bangun pagi dengan tubuh yang segar siap2 hari ini kita mau keliling Pulau, ke Belitung kan memang harus donk yang namanya keliling pulau, dengan perahu yang gw udah booking, selesai sarapan siap2 peralatan snorkling dan kamera yang penting tetepp hehe, kita naik motor ke Tanjung Bingga, kalau dari hotel tetap kearah kiri ikutin jalan nanti sampai di pertigaan ada petunjuk yang ke kanan ke Tanjung Tinggi yang ke kiri ke Tanjung Bingga, tempat port awal kalau mau keliling pulau, sempat keder juga arahnya dan nyasar2 tapi kita yakin aja walau pun jalanan sepi gak seramai di Jawa, kita yakin aman dan kalau nyasar tinggal cari warung dan tanya disitu. Oh iya untuk bensin di belitung tuh susah dan antri panjang, premium terbatas oleh karena itu di belitung rata2 orang punya kendaraannya yang mengkonsumsi solar namun jadi ruame banget yang antri solar, haiyaa melihat selalu ada kendaraan berjejer di pombensin, jadi disarankan sama orang yg punya motor kalau beli bensin, belinya di jalanan aja, banyak berjejer sepanjang jalan, harganya emang beda2 tipis kadang kalau liat bule suka dinaikin juga tapi gak masalah sih paling 1000 yang penting kita kasih mereka pendapatan kan, bantu warga sekitar dengan kehadiran kita kan ekomomi mereka akan terbantu, gitu sih prinsip gw kalau traveling asal jangan nipu ajaa. So sambil tanya-tanya dan telepon bapaknya menanyakan arah point ketemu dengan perahunya dimana, karena pas kita belok kiri tuh langsung mentok, dan ternyata ada di sekitaran situ dan harus masuk ke dalam hee, akhirnya ketemu jugaaa, hanya foto2 yang bisa menggambarkan keindahan pulau2 sekeliling belitung, dan betapa indahnya alam Indonesia.

Pak Perahu Nakoda yang membawa kita keliling

Menara Padang di pulau Lengkuas

Akhirnya sampe juga hufftt

View dari atas menara.. takjub

Puas sudah keliling pulau2nya, sebenernya bisa kita lanjutin lagi sampe sore tapi kita mau udahan sekitar jam 2 an, soalnya kepikiran mau balik lagi ke Tanjung Tinggi untuk makan seafood hee yuk ternyata suami gw juga mao balik ke Tanjung Tinggi untuk makan siang, walaupun udah agak telat tapi gpp lah mumpung ada di Belitung kan ya makan seafood dunk.
Setelah selesai dan puas makan seafood di tempat yang sama kita makan kemarin waktunya kembali ke hotel untuk istirahat dan malam nanti mau makan mie Belitung ahhh, pokoke musti cari dimana makan Mie Belitung yang enak, walau pun akhirnya gak kesampai ke tempat yang biasa orang2 traveler pergi tapi kita ketemu juga warung makan yang jualan mie Belitung sambil jalan2 malam2 keliling2 kota Tanjung Pandan.
Total Expenses for Day 2
Sewa Perahu                            400,000
Tips Bapak Perahu                    50,000
Makan Siang T. Tinggi           158,000
Makan Malam Mie Belitung    30,000
Total Day 2                             638,000

Day 3
Hari ini jadwalnya kita untuk pergi ke sisi timur belitung yaitu desa Mangar, tempat asalnya Bpk. Ahok nih, di desa ini juga tempat asalnya Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi yang nanti kita akan kunjungin dan mampir ke museum "KATA" dan juga tempat shuting filmnya. Untuk pergi kesini dari Tanjung Pandan cukup jauh dan kayanya kalau pakai motor bisa gempor deh hehe, jadi kita membutuhkan mobil untuk hari ini. Pakai mobil aja gw sempet ketiduran dan bangun dan tidur lagi heee.
Pertama yang kita kunjungi adalah desa asalnya Andrea Hirata, nanti si pengemudi yang akan guide kita kesini kita tinggal bilang aja sama dia mau kemana-kemananya, kita berkunjung ke Rumah tinggalnya dan museum kata yang menurut gw unik juga ini museum. Sambil perjalanan menuju kesana kita melewati Wihara dan suatu Pantai di Manggar tempat nelayan2 apa nama tempatnya gw lupa heee

Museum Kata

Tetep pasti jadi artis dadakan

Minum Kopi di rumahnya andrea
Sekolah laskar pelangi-buatan sih ini

Setelah selesai disini kita dibawa ke salah satu tempat cagar alam yang ada water tubing kalau mau tapi gw ama suami skip aja kita cuma jalan2 dan liat binatang lucu ini

Setelah perjalanan panjang hari ini kita kembali ke hotel dan istirahat dan cari makan malam di sekitaran hotel dan ketemu tempat makan ini, lumayan uenak. Dan kita mau liat2 juga dan jalan malam di cafe2 sekitaran tanjung Pendam, karena kalau malam juga dibuka sebagai tempat nongkrong2nya anak muda disini.
Resto dekat hotel

Makan Malam                          100,000
Lain2 kopi dan sumbangan        20,000
Total Day 2                             840,000

Day 4
Belitung - Jakarta, Akhirnya dengan sangat berat hati hari ini kita siap2 untuk meninggalkan Belitung menuju Jakarta.
Bye-bye Belitung, tetap pertahankan keindahan yang ada dan jaga kebersihan karena pulaumu itu sangat indah.