Wednesday, March 28, 2018

USA Trip Part 3 : Road Trip USA East Coast - 28 Nov to 7 Dec 2017 (MENGENAI SEWA MOBIL)

Hari ini dimulai petualangan kita berdua berkeliling sisi timur USA, tujuan utama kita adalah Niagara Falls, New Hampshire, New York dengan menggunakan transportasi darat, hanya berdua dengan menggunakan mobil sewaan dan menyetir sendiri.

Sewa Mobil di USA
Chapter 1 : Mengenai Sewa menyewa kendaraan di USA

Sekilas Cara mencari mobil sewa di USA sudah gw share sedikit  di persiapan menuju USA. Tips mencari sewa mobil di USA berdasarkan pengalaman gw, walaupun mungkin setiap orang berbeda pengalaman dan bahkan jika nanti gw kembali ke sana pun pasti akan berbeda. Namun pada dasarnya adalah sebagai berikut :
  • Selalu rajin membandingkan harga dari satu website rental ke rental lainnya dan selalu update dan mencek harga yang ditawarkan oleh travel2 online. Gw dapat murah, gak sengaja waktu cek harga tiket garuda, ada penawaran rental mobil dengan menggunakan mileage, namun karena mileage gw gak banyak, jadi  gw tidak bisa menggunakan mileage. Namun gw gak patah semangat,  langsung saja klik link yang ada di website Garuda dan tersambung dengan rental.com dan dari sekian banyak pilihan gw jatuh pada ini karena harga yang tercantum sudah termasuk asuransi LDW (Loss Damage Waiver).
  • Pilih Jenis mobil yang sesuai dengan perjalanan yang akan ditempuh dan jumlah orang yang akan ikut didalam Road trip dan apakah term sewanya termasuk unlimited mileage atau tidak.
  • Perhatikan add-on nya karena ini akan sangat berpengaruh besar dari harga rental mobilnya, jangan sepelekan selisih 1 usd karena 1 usd itu rp. 13 rebu hee, dan jangan tertipu dengan harga di web krn itu belum termasuk asuransi, tax dan teman-temannya.
  • Perhatikan juga tempat pengambilan dan pengembalian mobilnya, harga sewa mobil langsung di airport atau stasiun atau terminal atau langsung ke kantornya bisa berbeda. Pick up dan drop off ditempat yang berbeda pun harganya bisa berbeda.
  • Add-on disini adalah berupa GPS, Baby Car Seat, Toll Transponder dan biaya tollnya, asuransi loss dan damage, dan asuransi pihak ke 3, additional driver dan juga bahan bakar (full to full). Harga sewa semuanya itu dihitung perhari, jadi kalau mau GPS harus sewa sehari kali lama sewa, jangan mengandalkan google maps dan koneksi internet ya.

Khusus Add-on, gw mau share berdasarkan yang gw alami

GPS - Sebaiknya sediakan budget untuk menyewa GPS. GPS penting digunakan dalam road Trip, namun karena kita turis kere hihi, sayang uang untuk menyewa GPS, biaya sewanya dihitung perhari, selama masa sewa mobil, maka total biayanya dapat kita gunakan untuk membeli GPS yang baru dan JANGAN MENG-ANDALKAN GOOGLE MAPS, kita tidak tahu peraturan negara tempat kita sedang menyetir, boleh atau tidak sopir terpaku pada handphone dan untuk kita turis dari asia terutama Indonesia menggunakan provider telepon dari Indonesia tentu mahal dan belum tentu signal nya akan bekerja atau tidak. 
Kenapa jangan mengandalkan Google Maps?, berdasarkan pengalaman gw, some part/area or most area of the road trip  will  not get any internet connection atall alias tidak ada koneksi internet bahkan GSM pun diarea tertentu berada diluar jangkauan. Gw mengira dengan membeli paket Turist plan selama 3 minggu sebesar 3Gb seharga $30 an dari salah satu perusaan provider telepon di USA yg terbesar ehh iya lah T-Mobile, kita akan aman selama perjalanan dan dapat menggunakan google maps, namun ternyata nihil dan tidak bisa sama sekali. 
Tidak perlu kuatir karena ada beberapa solusi yang sudah kita pikirkan, solusi pertama, yaitu menggunakan MAP/PETA kertas *kembali ke jaman old, yang nanti rencananya akan kita beli setibanya di USA dan untungnya kita bisa meminjam ROAD MAP yang dikeluarkan thn 2016 kepunyaan mertua gw, walaupun sudah setahun lalu, namun jalanan pasti belum berubah2 amat, jadi sehari sebelum melakukan perjalanan jauh suami gw belajar membaca peta yang ada di buku dan mencatatnya di sebuah buku tulis, semua rute2 yang akan kita lewati, nama jalan di USA itu jelas dan interstate arah mana east, west, north, south sangat jelas jadi mudah dan tidak rumit, misalnya take I-99 east trus exit 296 west dan take 77 south seperti itu dan dijamin kita tidak akan nyasar. Solusi kedua, menyimpan offline tempat-tempat yang kita tuju di google Map *ini dia ada gunanya juga wkwk. kalau ini bagian gw, klu suami membaca peta dari buku peta, klu gw menyimpan dan mencari rute di aplikasi google Map, sehari sebelum berangkat dan menyimpannya offline. Cara ini hanya untuk cadangan saja jika kita salah jalan, namun karena tidak online kadang suka error tapi lumayan cukup membantu banget pada waktu kita sedang hilang arah. 
Itu kedua solusi kita. Solusi Ketiga, beli GPS baru wkwk atau kalau punya GPS di rumah yang bagus dan update boleh bawa aja tinggal tambah nama negaranya, sayang GPS yang gw punya dirumah tidak bisa di pindah Negara. *maklum GPS jadul dan gratisan dari waktu beli mobil. 
Baby Car Seat - untuk teman2 yang bawa baby, di USA setiap bayi umur tertentu, harus kudu hukumnya menggunakan baby car seat, jadi jika teman2 membawa bayi atau anak balita siapkan budget tambahan untuk sewa baby car seat ya, kalau bawa dari Indonesia repot kali ya, atau pinjam kenalan di USA juga bisa sih tapi kan mereka juga perlu pakai ya. 
Toll Transponder - agak mengerikan juga waktu lihat2 di youtube ada  beberapa rental company yang nakal yang menyalah gunakan biaya ini, namun ada beberapa pertimbangan yang sudah kita berdua pikirkan bahwa kita tidak tahu yang mana jalan toll atau bukan di USA. Suami gw sih mungkin tahu, hanya kadang mungkin masuk atau gerbangnya saja suka keder dan jalanan semua hampir sama besar dan kita akan lewat jalan toll atau tidak pada rute kita masih belum jelas, dan takutnya mereka tidak menerima uang cash seperti di Jakarta yang sudah diterapkan non cash. 
Sebenarnya ada beberapa cara sih untuk membayar toll kalau kita terlewat yaitu dengan langsung log in ke website toll nya setelah kita lewati jalan itu, dan bayar dengan credit card, hanya saja menurut gw lebih ribet atau tunggu beberapa waktu kemudian nanti rental akan mencharge kartu kredit kita untuk biaya yang kita sudah lupa. Duh ini jangan deh dari pada nanti kita kaget lihat tagihannya karena pasti akan ditambah denda. Dan juga jalan menuju NYC sudah pasti adalah jalanan yang ber-biaya semua. 
Dengan pertimbangan-pertimbangan inilah maka kita memutuskan untuk menyewa toll transponder yang harga sewa perhari sekitar $2/hari dengan total max $20 per sewa, not bad lah ya, harga ini hanya untuk sewa alatnya saja ya belum termasuk biaya toll nya.  
LDW (Loss Damage Waiver) Nah untuk yang satu ini sukses membuat gw bingung, karena sebelum berangkat gw cek semua info tentang LDW ini. Dari informasi yang gw gali di google belum menjawab kebingungan gw, katanya LDW ini bukan asuransi, *atau bahasa inggress gw yg terbatas wkwk. LDW ini hanya untuk meng-cover jika terjadi kerusakan atau kehilangan saat kita menyewa mobil. Jika kita warga USA, kita tidak perlu untuk membeli LDW ini karena sebenarnya semua mobil dan salah satu syarat untuk memiliki mobil di USA adalah asuransi yang didalamnya ada LDW ini dan  juga termasuk pihak ketiga juga, jadi walaupun mereka menyewa mobil bukan membawa mobilnya sendiri, sudah pasti termasuk dalam cover asuransi ini. Beda ya dengan asuransi kendaraan di sini. 
Dan juga biasanya di USA ada fasilitas gratis dari kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank di USA, yang secara langsung mengcover LDW, diwaktu kita menggesek kartu kredit untuk membayar sewa mobil. Salah satu syarat menyewa mobil di USA, harus memiliki Kartu kredit, jadi jika tidak punya kartu kredit blm bisa menyewa mobil. Karena tidak mengerti awalnya Gw sempat bertanya kepada CS kartu kredit yang gw punya disini saat membayar rental mobil dan mereka tidak mengerti maksudnya wkwkwk. 
Merasa perlu LDW ini jadi gw menambahkan biaya ini ke dalam budget sewa mobil, biasanya biaya LDW dihitung per hari dengan harga sekitar $6 - $9/hari kali masa sewa, tergantung perusahaan rental dan perusahaan asuransi tempat rentalnya bekerja sama. Jadi siapkan budget untuk ini ya. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi hanya untuk berjaga-jaga saja. Beruntung gw menyewa mobil dari rental.com, harga sewa mobil yang gw bayar sudah termasuk LDW. 
Asuransi kecelakan atau pihak ketiga - Ini juga sedikit mem-bingungkan, namun gw coba menerangkan ini berdasarkan pengertian gw, jika terjadi kecelakaan diri saat kita mengendarai mobil, kita terluka dan masuk RS, ada pihak lain juga menderita kerugian karena kita, sepertinya ini maksud dari asuransi tersebut. Sementara itu, LDW beda dengan asuransi ini, mungkin LDW khusus meng-cover ke mobilnya sendangkan asuransi ini untuk ke pengemudinya dan orang yang ada didalam mobil. Seperti sudah diterangkan diatas bahwa untuk warga USA asuransi kendaraan yang mereka punya, sudah termasuk ini, jadi mereka tidak perlu kuatir hal ini. Nah.. jika kita turis eh gw aja yang turis, karena suami gw Warga Negara USA yang sudah lama tinggal di Indonesia wkwk jadi gak punya mobil dan asuransi apapun, cara untuk mengantisipasi ini yang terbaik adalah dengan kita membeli Travel Insurance. 
Harga travel asuransi ini bervariasi tergantung pertanggungannya. kita pakai Axa jenis platinum, karena didalamnya termasuk kecelakaan diri pada waktu sewa mobil dan LDW juga ada termasuk disini. Beli polisnya mudah dan harganya tidak terlalu mahal namun benefitnya banyak, jadi yang hendak road trip adalah lebih baik untuk membeli asuransi perjalanan.
Additional Driver - Di USA jika kita menyewa mobil namun mobil tersebut bukan hanya satu orang yang menyetir mobil maka tambahan orang yang menyetir mobil, juga akan dikenakan biaya yang dihitung per-hari selama masa sewa. Tadinya gw pikir mau nyetir bergantian dengan suami, namun akhirnya kita urungkan niat itu, karena tambahan biayanya mahal, dan jangan coba-coba mengakali ya, takutnya kalau ada apa2 nanti repot urusannya masalahnya kita berada di Negara orang.
Bahan Bakar Full to Full - Waktu kita terima mobil sudah pasti tangki bahan bakar berada dalam posisi penuh, kita bisa saja mengembalikan nya dalam keadaan kosong atau terpakai setengah, jika kita mengembalikan mobil tidak dengan posisi bahan bakar full maka akan ada tariff sendiri yang akan dikenakan oleh pihak rental kepada kita dan pastinya lebih mahal dari harga bensin jika kita mengisi sendiri. 
1 galon bensin di USA itu sekitar $2 - $3 tergantung state, jika kita mengembalikan mobil dalam keadaan tangki bensin kosong perusahaan rental akan menagih kepada kita 1 galon harganya sekitar $3 plus tax dan service, jadi  harganya lebih mahal, oleh karena itu sebelum kita kembalikan mobil, pastikan tangki bensin terisi penuh. 

Syarat menyewa mobil di USA
Syarat dalam menyewa mobil di USA ini tergolong paling mudah dibanding Negara lain menurut gw, tapi perbandingan gw masih di asia sih wkwk. *klu eropah dan lainnya gw belum tahu, seperti dibawah ini.  
  • Tidak perlu memberikan paspor atau menaruh deposit dalam jumlah tertentu untuk menyewa mobil mereka.
  • Ada nomor telepon yang dapat dihubungi di USA, karena gw ada rumah mertua oleh karenanya gw memberikan info no telp dan alamat rumah mertua, kalau tidak ada alamat rumah mungkin alamat hotel tujuan kita juga bisa sepertinya.
  • Ada nomor HP, karenanya gw membeli kartu disana dari T-Mobile dan mendapatkan nomor USA.
  • Harus punya Kartu Kredit (Visa atau Master), tidak bisa kartu debit, dan tidak bisa cash.
  • Untuk WNI tidak perlu SIM International, Menggunakan SIM A kita juga bisa. Amerika tidak mengakui SIM International (Pengalaman teman yang mengalami kecelakaan sedikit di USA dia menyerahkan SIM international dan tidak berlaku).

Proses serah terima mobil mudah, tidak banyak orang yang terlibat, kita dibiarkan mencari mobil sendiri tanpa adanya pihak company yang menemani, jadi untuk berjaga-jaga jika ada apa2, oleh karena itu siapkan kamera kalian, baik itu pakai HP atau kamera untuk membuat foto dan video seluruh body mobil baik luar dan dalam. Proses pengembaliannya sangat mudah kita hanya meninggalkan mobil ditempat yang telah ditentukan dan taruh kunci mobil di dalam mobil, tanpa di kunci  mobilnya dan petugasnya hanya akan memberikan tagihan add on di akhir pada waktu kita mengembalikan mobil. 
Setelah serah terima baru gw diberikan slip kartu kredit untuk biaya sewa transponder, catatan : Untuk biaya tollnya ditagih kemudian lewat kartu kredit bersiap-siap jangan kaget wkwk.  
Demikian sekilas tentang persewaan mobil untuk selanjutnya jika ada yang gw ingat lagi nanti gw akan mengupdate tulisan ini. 


Chapter 2 : Tata Cara Menyetir Mobil Di USA

Di USA menyetir mobil itu bisa dibilang nyaman dan aman dan juga tidak terlalu terasa tingkat stress nya alias emosi kita dalam menyetir mobil bisa dibilang stabil xixi, karena peraturan, rambu dan tingkat kedisiplinan pengguna jalannya bagus banget, dibandingkan dengan menyetir mobil di Jakarta atau Tangerang, pasti tidak terhitung banyaknya kita mengumpat tanpa sengaja maupun disengaja sewaktu menyetir mobil, entah kelakuan motor atau mobil lain ataupun mobil kita bahkan angkot serta metromini heee. 
Mobil di USA ini rata-rata sudah menggunakan sistem automatic alias tanpa perlu memindah2 kan gear dan menginjak kopling. Sebelum membawa mobilnya suami gw mempelajari semua tombol dan fungsi dari tombol2 yang ada di mobil tersebut agar nantinya dia tidak sibuk mencari2 cara menekan tombol diwaktu menyetir mobil.
Jalanan di USA adalah kebalikannya jalan di Indonesia, semuanya terbalik, posisi sopir disebelah kiri, awalnya sempat membingungkan, namun seiring dengan waktu akhirnya terbiasa, kita harus membiasakan dan menanamkan di pikiran kita kalau mau belok kanan harus nengok ke kiri tanpa menyebrang, lalu kalau mau belok kiri harus menyebrang dan nengok ke kiri dulu lalu tengok kanan. 
Kalau disini mau belok ya belok aja gak usah pake nengok *wkwkwk, trus kalau kita melotot dia-nya balik lebih melotot ke kita apalagi emak2 yang bawa motor udah kaya jalanan serasa miliknya aja wkwkwk dah ah jgn dibahas.
Gw share ini bukan karena gw expert, BUKAN gw yang nyetir, yang menyetir mobil adalah Suami gw, namun walaupun tidak menyetir mobil, sedikit banyak gw terlibat juga memperhatikan, memahami dan mempelajari tata cara mereka berkelakuan di jalan berdasarkan fakta yang gw lihat dan alami selama 12 hari berada di kendaraan dalam jarak tempuh yang lumayan jauh. 
Rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk jalan banyak terpampang di setiap sisi jalan, dan setiap jalan, memiliki nama jalan sangat jelas terlihat oleh sopir. 
Jadi begini, posisi nama jalan menghadap ke jalan utama dan berbeda dengan posisi nama jalan yang ada di Indonesia, misalnya kalau kita mencari nama jalan di sini kita harus tengok kiri dan kanan untuk membaca-nya, kalau di USA nama jalan atau papan nama jalannya dibuat miring bolak balik menghadap sopir. jadi Sopir melihat nama jalan tanpa perlu memalingkan wajah. *duh neranginnya agak susah yak wkwk, soalnya pertama gw mampir di DC lagi jalan kaki gw pikir, *contoh aja ya di perempatan ada nama jalan asmara yang posisinya menghadap gw adalah jalan yang lagi gw berdiri, ternyata bukan, jalan asmara itu, posisinya di kanan dan kiri. gituh *duh

Okeh kita mulai saja ya etiket atau tata caranya berkendara di USA 
  • Perhatikan limit kecepatan kendaraan kalian, setiap sisi jalan selalu ada petunjuk maksimal dan minimal kecepatan kendaraan kalian, jalanan di USA sangat lebar, panjang dan lengang seperti internstatenya, kecuali di kota. Tanpa sengaja karena sepi kita suka keenakan menginjak pedal gas dan tak terasa kecepatan sudah melebihi aturan main yang ditentukan dan pritttt pasti polisi entah dari mana akan memberhentikan kalian atau denda menyusul lewat plat mobil kalian. jadi selalu mengaktifkan speed limit mobil kalian yang bisa diatur dimobil namanya apa sih kok tiba2 gw lupa yaaa. ahh cruise control nah tuh udah inget.
  • Perhatikan anak panah disetiap tikungan dan perempatan, posisi anak panah semua jelas terlihat baik yang berada di plang atas kita, maupun digambar dijalanannya, tidak seperti disini rambu jalan tidak jelas *Jelas juga sih tapi kadang gak keliatan. Ketika kita hendak belok atau lurus, jangan berhenti di tempat yang salah, jika hendak belok kanan berhenti di tempat yang arah anak panah belok kanan, jika hendak lurus berhenti di anak panah yang lurus, jangan coba2 main potong orang kalau mau belok kanan namun kalian ada di posisi anak panah lurus, walaupun tak ada polisi, kamera jalanan mengintai kamu.
  • Selalu mendahulukan pejalan kaki, pejalan kaki itu Raja deh pokoke disini dan tanamkan itu di pikiran kalian, *disini gw nyebrang di Zebracross tetep di klason loh, tapi memang sih pejalan kaki disana juga tau diri wkwk. Kalau kita mau belok ada pejalan kaki yang hendak menyebrang kita harus kudu berhenti. 
  • Melewati sekolah dan perumahan kecepatan tidak boleh lebih dari 20 miles walaupun tidak ada siapapun.
  • Perhatikan tanda STOP di perempatan atau tikungan, walaupun tidak ada lampu merah, namun jika kita melihat ada tanda STOP, kita harus berhenti dahulu dan melihat kanan kiri setelah memastikan tidak ada mobil lain baru bisa jalan. Jadi di USA ini di setiap perempatan walau tidak ada lampu merah, tidak ada kendaran yang main nyelonong saja, Setiap kendaraan selalu tahu dan mengerti arti bergantian atau bergiliran, dan saling mendahuluan kendaraan lain untuk lewat, siapa berhenti duluan dia yang jalan duluan, walaupun ada mobil lain berhenti di depan kita, dan kita yang nomor dua namun tetap jika mobil depan kita sudah lewat kita tidak boleh ngintil dibelakangnya untuk lewat harus tetap berhenti dulu jika kosong baru boleh jalan. *Asik ya. Tidak bisa menerapkan seperti disini siapa cepat dapat dan langsung sikat ngintil sampai mau belok ngambil jalur orang lain, *andai di Indonesia seperti ini. Dan juga aturan di lampu merah dan perempatan jika didepan kita macet walau lampu masih hijau kita tidak boleh jalan dan berhenti di tengah, kita harus berhenti dibelakang garis kotak yang berwarna kuning tuh, yang biasanya ada di perempatan disini juga ada tapi gak ngaruh, jadi jika tiba2 lampu berubah merah, posisi mobil kita tidak akan ada ditengah dan menutupi kendaraan dari sisi lain yang mau lewat. *Di Tokyo juga seperti ini. jadi gak ruwet kaya benang kusut di perempatan jalan. 
  • Perhatikan Marka jalan atau garis jalan baik ditengah dan sisi jalan, jadi di USA itu petunjuk jalan ada dijalanannya dan ada di plang sisi jalan dan diatas kita. Jika marka jalannya garis tidak terputus maka kamu tidak boleh melewatinya apalagi jika kamu melewati jembatan atau tunnel, kamu dilarang berpindah jalur nasib jika ada  yang mengemudi lelet alias pelan didepan kalian, kita tak boleh melewati, well tidak ada yg mengemudi lelet sih di USA, semua kecepatannya sama, bahkan truk segede gaban pun kecepatannya sama dengan mobil kecil, *truk disana gede-gede bingit..tapi keren gituh. Intinya mata kita harus selalu terbuka melihat petunjuk dan peraturan di jalan.
  • Work Zone, kalau ada jalanan yang sedang diperbaiki tidak boleh kita melewati orang yang sedang bekerja di sisi jalanan itu dengan kecepatan tinggi karena jika kedapatan, double fine atau denda double akan dikenakan untuk si pelanggar.
  • Peringatan atau rambu untuk pengemudi, dapat kita lihat dalam jarak 2.5 miles sebelumnya dan setiap beberapa mtr terus ada, seperti jika ada work zone, ada school zone, ada school bus stop, ada moose crosing, ada macam2 deh itu jelas terlihat. 
ummm apa lagi ya, nanti kalau teringat sesuatu gw akan update lagi yaa

Bersambung.. Ke Bagian 2

No comments :

Post a Comment