Sunday, February 18, 2018

USA Trip Part 2 : Virginia (22-28 Nov 2017) - Meet the Family for Thanksgiving_Bag 2

Day 4 : Busch Garden, Williamsburg.

Malam itu dihabiskan dengan penuh sukacita dan ceria, semua keluarga berkumpul, makan bersama, berfoto, bercerita kesehariannya masing-masing. Mama Bunga Nampak lelah namun tetap berseri. Kisah sebelumnya dapat di baca di Sini
Yang menjadi pusat perhatian malam itu adalah Bintang, Cicit dari mama Bunga, ia sibuk berlarian dan berusaha untuk mengajak semua orang untuk ikutan berlarian, can you play T-rex with me, duh apaan itu? Rupanya permainan bergantian menjadi monster seperti hide and seek duh. Ada kalanya ia terjatuh dan berkata sendiri “I am OK” lucu yah haha, dia yg lari, jatoh, bangun sendiri dan berkata I am OK. He is so cute dan kita semua hanya tersenyum ke dia, sambil memastikan yeah you’re OK. 
Semalan, kita berdua, gw dan suami mengenakan stelan batik pasangan yang gw dapatkan di Thamrin City, ini merupakan salah cara untuk memperkenalkan budaya dan karya dari Indonesia. Banyak sekali karya Indonesia yang dapat kita bawa sebagai buah tangan untuk orang yang kita kasihi. 
Kami membawa beberapa kopi dan kain panjang batik untuk Mama Bunga, Papa Kumbang, Anggun dan Bulan. Terlebih Bulan yang memiliki hoby menjahit dan mereka amat teramat menyukainya.  
Bulan dan Senja yang bertempat tinggal di West Virginia, akan menginap bersama beberapa hari di rumah Mama Bunga dan Papa Kumbang.  
Bulan tidur di kamar kerja Papa Kumbang, sementara Senja tidur di sofa yang ada di ruang tengah. Kami semua melepas lelah dan tertidur pulas malam itu.
Cuaca yang dingin di pagi ini membuat gw kembali menarik selimut untuk bermalas-malasan di hari minggu ini, iya baru sadar ini ternyata hari minggu, hari beribadah untuk kita, namun entah akankah kita pergi ke Gereja hari ini atau tidak, karena semua, terlebih mama Bunga terlihat masih lelah, akhirnya pagi ini kami memutuskan untuk tinggal dirumah, sementara Papa Kumbang tetap pergi beribadah di pagi itu.
Setelah sarapan kami hanya menghabiskan waktu dirumah sampai hari menjelang sore, untuk pergi ke Busch Garden.
Busch Garden adalah sebuah taman hiburan yang dimiliki oleh sea world entertainment, ada beberapa Busch Garden ini di USA, salah satunya adalah yang akan kita kunjungi yaitu di Williamsburg. Taman hiburan ini berthemakan Eropa old country yang terbagi-bagi menjadi beberapa sections. 
Taman hiburan ini memiliki beberapa roller coaster dan bahkan ada roller coaster yang tertinggi di USA ada disini.
Biasanya satu minggu sebelum thanksgiving sampai seminggu sebelum Christmas sampai akhir tahun kecuali tepat pada saat natal dan tahun barunya, mereka akan membuka event Christmas Town, yang mana pada event ini kita bisa melihat dekorasi dari lampu2 yang gemerlapan di sekitar taman yang luas ini dan beberapa Pohon Natal yang dihias dengan cantik sesuai dengan thema negaranya.
Gw sangat bersyukur dan berterima kasih kepada mama Bunga, yang menghadiahkan 4 tiket ke Christmas Town yang dibelinya secara online untuk Gw, Rick, Bulan dan Senja.
Tepat pukul 3 Sore kita ber 4 berangkat menuju ke Busch Garden dengan Bulan yang menyetir mobil yang berjarak kira-kira sekitar 30 menit menuju taman hiburan tersebut.
Memasuki gerbang taman mulai tampak roller coaster yang tinggi serta melingkar-lingkar entah apakah gw punya nyali untuk mencobanya suatu saat, roller coaster yang saat itu sedang off season dan tidak beroperasi, namun dengan melihatnya saja sudah jiper duluan dan mulai tampak banyak mobil2 yang mengantri untuk memasuki area taman, antrian terlihat teratur dan nampak tempat parkir parkir mobil yang sangat luas dan satu persatu mobil masuk mengantri untuk menuju tempat parkir dengan teratur.
Selesai parkir mobil untuk menuju lokasi Christmas Town, kita berjalan kaki menuju ke tempat antrian untuk menaiki kereta yang disediakan oleh pihak taman yang dapat kita gunakan secara gratis.
Menapaki dan menjejak kan kaki di taman ini, dengan udara yang dingin saat itu, seakan gw dibawa ke beberapa Negara di Eropa, ya memang themanya juga eropah xixi. 
Lagu2 natal mulai berkumandang dan terdengar membuat gw merasa bersyukur walaupun belum Natal tetapi gw sudah mulai merasakan suasana Natal di USA ini.   
Hari masih terang ketika kita memasuki taman ini, masih bisa melihat warna-warni dari dedaunan yang sebagian masih berwarna, begitu indahnya suasana sehingga gw terbawa akan keharuan dan sungguh sangat bersyukur dapat berada di tempat ini dan merasakan sukacita yang mendalam. Tidak ada habisnya gw jepret sana dan sini untuk mengambil moment yang bagus. Sambil gw beristirahat sejenak dengan merasakan Hotdog yummy yang dapat dibeli di dalam taman tersebut.

















Hari semakin gelap, semakin pula bertambah pengunjung di taman itu, lampu2 yang penuh warna mulai menyala dan menghiasi seluruh taman itu, ada yang bertuliskan selamat natal dengan berbagai bahasa Eropa, pohon2 diterangi lampu, banyak juga terdapat atraksi2 yang bisa kita mainkan.
Tanpa terasa jaket yang gw kenakan kurang tebal karena malam itu begitu dingin, namun kita semua sangat antusias sekali menghabiskan malam itu yang tidak dapat seluruhnya gw gambarkan melalui Tulisan. Demikian juga  warga USA begitu  antusias dan semangat mengeliligi taman. 
Menaiki kereta untuk keliling taman adalah sesuatu yang harus kami coba untuk melihat kerlap kerlip lampu2 yang indah di sekitar taman ini. Sang masinis sangat cekatan dan ceriwis sekali sambil mengajak becanda semua penumpang kereta dan mengajak kita semua untuk bernyanyi Rudolf The Red Nose Rain Deer yang sontak semua penumpang kereta ikutan bernyanyi bersama sang masinis, semua melantunkan lagu itu dan mengikuti alunan musik yang sedang dimainkan di kereta. Sungguh sesuatu banget buat gw.









Banyak cerita dan keceriaan yang kita berempat dapat malam itu, ditambah cuaca yang begitu dingin sampai gigi ini bergemeretuk kedinginan.
Setibanya di Rumah kami semua bercerita pengalaman kami masing-masing kepada mama Bunga, dan ia sangat sukacita dan ikut ceria juga saat mendengarkan kita bercerita. Malam itu Bulan Membuat omelet untuk kita makan malam. Sungguh Indah nya hari ini kita habiskan.

Day 5 : Norfolk International Airport and Family Dinner

Semalam, Gw mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak pernah gw lupakan selama gw hidup, begitu indah dan cantik moment dalam mengunjungi salah satu taman hiburan yang terbesar di USA.
Seperti biasa Mama Bunga dan Papa kumbang sedang sarapan hari itu diikuti oleh Gw, Rick, Bulan dan Senja. 
Pagi ini Papa Kumbang akan mengantar kita ke Norfolk International Airport untuk mengambil mobil yang kita sudah booking selama 12 hari road trip menuju Niagara Falls, New Enland dan New York.  
Dan sebentar malam kita akan pergi keluar untuk Dinner di restaurant Cracker Barrel, salah satu chain resto yang lumayan terkenal di USA.
Menuju counter ALAMO, perusahaan rental mobil yang mobilnya akan kita pergunakan selama 12 hari di USA, di counter seorang pria berpenampilan rapih dengan kemeja dan dasinya menyambut kita dan Dia bertanya kepada kita, akankah kita tertarik untuk mengupgrade mobil yang sudah kita sewa, setelah kita menjawab no thanks, Ia meminta nomor telepon hotel atau rumah tempat kita tinggal di USA dan SIM. Surat ijin mengemudi yang diberikan kepada Retal mobil adalah SIM A nya Indonesia. 
Setelah semua administrasi selesai, kita diberikan kunci mobilnya dan ketika dirasa perlu untuk menyewa Toll Tansponder karena kita tidak tahu gerbang toll di USA itu masih terima cash atau tidak, oleh karena itu kita menyewa Toll transponder dengan charge max 19$ + Tax, selama 12 hari, harga ini hanya untuk transpondernya saja, belum termasuk biaya toll nya. 
Menuju tempat parkir mobil dan kita memastikan sendiri mobil yang kita pergunakan tanpa cacatnya dan membuat foto serta video seluruh bagian mobil, dari bagian luar hingga bagian dalam mobil serta bagasinya. 
Saat serah terima kunci hingga mandapatkan mobilnya, kita lakukan sendiri tanpa ada petugas yang menemani kita. 
Kita mendapatkan Mobil Nissan Sentra berwarna putih dengan plat Maryland, mobilnya sesuai dengan pesanan kita dengan harga Rental Mobil Rp. 4,713,293 selama 12 Hari (Full to Full untuk BBM nya)






Setelah suami gw memastikan semua pada tempatnya, sambil dia mempelajari dan memeriksa semua tombol2 yang ada di dalam mobil dan gw menggunakan kamera membuat foto semua sisi mobil hingga ke dalam, setelah foto gw membuat video lagi. 
Turn Left Look Left, Turn Right look Left always look Left first, kata-kata itu  yang selalu diingat suami saat menyetir mobil di USA, kebalikan nya menyetir di Indonesia, karena suami sudah 8 tahun sejak kedatangannya di Indonesia, harus membiasakan diri dengan setir sisi kiri kembali. Sempat ada kejadian lucu, karena ragu sesaat diwaktu hendak menyebrang sekeluarnya dari gedung parkir, untung ada mobil yg melintas jadi kita tahu kemana arah kita akan jalan.
Sebelum kembali ke Rumah kita mampir ke Walmart untuk membeli coklat sebagai oleh2 untuk keluarga di Jakarta dan bekal untuk perjalanan besok hari.
Hari menjelang malam, kami bersiap2 untuk keluar kembali untuk makan malam bersama keluarga di sebuah restoran, malam itu kita semua, Mama Bunga, Papa Kumbang, Anggun, Bulan, Senja, Gw dan Suami menghabiskan bersama di restoran tersebut. 
Direstoran itu biasanya ada galerinya yang menjual baju2 dingin dan syal serta pernak2 natal, serta snack dan pernak-pernik untuk oleh2, ingin rasanya gw membeli semuanya karena semuanya cantik2.

Setelah beberapa hari menghabiskan waktu dengan keluarga, ada beberapa Fakta yang gw pelajari dan dapatkan dari kunjungan ini adalah :
  • Keluarga Amerika ternyata tidak seperti kisah2 di film2 yang kita tonton, mereka layaknya sama dengan kita, keluarga Indonesia, masih menghormati orang yang lebih Tua, hanya saja mereka dan masih ada tradisi kunjung mengunjungi pada hari raya khususya thansgiving dan suka dengan ramai-ramai.
  • Mereka sangat menyayangi binatang peliharaan, rata-rata peliharaan mereka adalah anjing, walaupaun ada hewan lainnya namun setiap keluarga kebanyakan memiliki Anjing, dan mereka memperlakukan dan melatih anjing mereka dengan baik sehingga saat dibawa jalan berkeliling juga anjingnya tenang dan tidak yang ganas, walaupun gw lihat size anjingnya ada yang besar, kecil, dan besar banget, dan ada yang imut, aneh, lucu dan sangar. Anjing adalah bagian dari keluarga mereka, dan tidak ada dalam kamus mereka anjing itu di kurung di dalam kadang.
  • Mereka sangat Nasionalis banget, malah nasionalisme mereka gw lihat lebih dari Indonesia. walaupun memang ini bukan tolak ukuran dari nasionalisme, akan tetapi disetiap rumah dan tempat di amerika pasti mereka akan memasang bendera amerika atau di mobil, dimanapun juga ada.
  • Sepertinya Makan siang di keluarga Amerika bukan yang utama, jadi makan siang itu gak begitu penting sepertinya, mereka hanya mengambil snack, cookies aja untuk lunch atau sekedar roti lapis/sandwich ukuran kecil. 
  • Cinamon, dimana-mana kita pasti akan mencium aroma cinamon, mereka suka banget dengan bebauan/air freshner dengan harum cinamon atau suka sekali mencampur cinamon dalam kudapan mereka, dan rata2 roti tawar atau roti manis atau desert pasti ada cinamon disitu. gw sampai kapok nyium bau cinamon untuk sementara hehe.
  • Mereka sangat menghargai arti dari sebuat tempat, barang, dan suka banget mengenang sesuatu melalui barang atau tempat, sehingga banyak barang2 tua yang masih bagus dan terawat. misalnya rumah tua atau benda seperti rocking chair ini dlu milik neneknya si A. dan suka sekali memajang foto2 tua disetiap sudut rumah.
  • Saya jarang melihat orang memegang HP saat di meja makan apa salah ya gw, tapi sepertinya iya, mereka lebih suka ngorol dengan temannya atau keluarganya yang bersama dengan mereka di dalam resto maupun dirumah saat makan.
  • Jika kita makan diresto, membaca menu misalnya kita mau menu A, pasti setelah kita pesan A, waitresnya akan bertanya banyak pertanyaan selanjutnya yang kita harus jawab xixi, misalnya pakai sausnya apa, trus lu mau side dish nya apa, mau porsi lunch apa dinner, trus matang apa engga, dan lain2nya, oleh karena itu gw suka agak lama mempelajari menunya xixi. Biar klu ditanya lgs jawabnya gak pake mikir hihi.
  • Sebelum hidangan utama datang biasanya ada hidangan pembuka yang diberikan resto secara gratis, seperti salad, roti dan selainya atau muffin, tergantung jenis restonya apa, jadi kadang gw suka udah kenyang duluan sebelum hidangan utama datang, sementara itu hidangan utamanya itu porsinya sangat besar dan banyak, dan kalau tidak dapat kita habiskan biasanya saat kita bisa minta dibungkus dan mereka akan datang membawa box, jadi kita bungkus sendiri bukan pelayannya.
  • Pelayan2 di resto itu sangat helpful bangett, komunikatif, bolak balik bertanya semua ok, ya iyalah kan mereka mengharapkan kita yang dilayani merasa puas dan suka sehingga diberikan TIPS. 
Demikian lah kisah gw dan suami saat sendang bersama keluarga di USA dan Kita sangat bersyukur ternyata keluarga besar suami, keluarga yang baik dan semua sangat baik.
Terima kasih telah membaca kisah kita.

Bersambung ke Road Trip USA





No comments :

Post a Comment