Monday, April 13, 2015

Traveling to Lombok - Bali part 4 : 2 Malam di Amed - Karang Asem - BALI 2014

Day 1, On The Way to Amed, Tirta Gangga Palace, Lipah Beach
Bangun Pagi siap2 sarapan, pinginnya sih males2an dlu, tapi kita musti pergi ke Amed. 
Amed terletak di sisi bagian timur Bali, dari mana gw tau Amed ?, dari google hehe. Kenapa Gw ama suami tertarik mau pergi ke Amed? karena setelah beberapa kali ke Bali pingin rasanya coba yang baru dan gak mau ke kuta lagi atau seminyak lagi bosan xixi dan pingin ke tempat yang belum pernah kita kunjungin plus ke tempat yang gak terlalu ramai gitu, dan sepertinya Amed pilihan yang terbaik.
Setelah cari2 informasi mengenai Amed yang ternyata Amed ini adalah salah satu surganya para pencinta alam bawah laut dan berhubung kita gak berani diving jadi snorkeling lah menjadi pilihan nya. Laut dan Pantai di daerah Amed juga sangat unik karena Ombaknya malu2 bergeraknya rasanya seperti berenang di danau, well ada sih ombak cuma gak sebesar di Pantai2 lainnya di Bali dan karena itu disini kita bisa langsung snorkeling dari pantai, uhuy mantap gak tuh.
Jarak dari Kuta ke Amed itu sekitar kurang lebih selama 3  jam perjalanan yang lancar, berapa kilometernya ummm cari aja di google xixi. Berangkat dari kuta gak usah takut nyasar, gunakan aja petunjuk dari GPS tinggal lurus2 aja. kalau naik motor juga bisa sih tapi gak kebayang rasanya pantat ini bakalan seperti apa, naik motor maupun naik mobil itu rutenya sama aja kok, karena motor di Bali ternyata bisa masuk ke jalan Toll (Norak ya gw) 3 Jam bowww, tapi kalau mau nyantai sih bisa aja kali yaa naik motor.
Selama perjalanan ke Amed kita bisa mampir di beberapa tempat seperti Candidasa, Taman Ujung, Tirta Gangga dan ada beberapa pantai juga yang tersembunyi. Berhubung agak membingungkan juga jalanannya dan akhirnya kita cuma keburu mampir di Tirta Gangga sebelum menuju ke Amed dan tirta Gangga dalam perjalanan kesana sebenernya kita bisa juga mampir ke Pantai Candidasa tapi kita cuma lewatin aja.
Tirtaganga konon adalah tempat permandian dan peristirahatan Raja Karangasem beberapa ratus tahun  yang lalu, disini kita bisa nikmatin pemandangan gunung agung sambil berenang di kolam renang Raja. Pas Liwat dan lihat ada beberapa orang yang lagi berenang tampaknya enak tuh diudara yang lagi panas2 gini. Dan didalam istana ini juga ada cafe yang kalau lapar kita bisa luangkan waktu makan disini sambil menikmati pemandangan gunung Agung dan kolam2 dibawahnya.





setelah puas keliling kita mau lanjut lagi perjalanan kali ini kayanya langsung aja ke Amed dan hotel check in "Barong Cafe Bungalow" jarak dari sini ke Hotel kira2 masih 30 Menitan lagi. Dengan menggunakan GPS, menuju ke sini gak terlalu susah, hanya ikutin aja arah GPS. 
Hotel Barong Cafe bungalows ini ternyata agak jauh dari pusatnya Amed, jalan menuju Amed dan hotel ini melalui bukit2 yang berliku dan agak sempit, jadi kudu hati2 nyetir mobil nih, secara sebelah kiri langsung Jurang.
Dengan harap2 cemas karena udah agak sedikit keatas dan jalan menyempit akhirnya ketemu juga Barong Cafe Bungalow. Hotelnya terletak di sebelah kanan jalan dan gak langsung ke pantai, emang udah tau sih, setelah check in kita ternyata harus naik tangga untuk menuju kamar, suami gw yang mungkin habis cape nyetir sempat ngedumel karena menuju kamarnya cape baget hukkss. Tapi setelah sampai di Kamar gak nyesel juga karena pemandangan dari kamar sangat-sangat spektakuler dan indah.


Setelah beres2 dan ganti  baju siang ini kita rencana mau cari makan siang di sekitar hotel, sebenernya di hotel bisa juga pesen makanan tapi karena kita mau jalan2 sekitar jadilah kita mau sambil keluar makan dan cari2 pantai untuk snorkeling pembukaan.  Sambil jalan naik mobil, sebenernya sih bisa aja jalan tapi lumayan jauh, jadi kita pilih naik mobil aja. Bisa juga sih nyewa motor juga dari hotel kalau mau tapi berhubung udah ada mobil ya naik mobil ajalah. Sambil makan siang di restoran sekitar sambil tanya2 sama orang sekitar dimana tempat untuk snorkeling, dan dikasih tau agak 200 meter dari tempat makan ada pantai Lipah. 
Suasana di Sini sangat beda banget ama di daerah kuta atau daerah lainnya di Bali, disini berasa banget membaurnya dengan penduduk sekitar, kita masih liat anak2 sekolah seliweran dan penduduk lokalnya, dan jarang banget ngeliar turis2 seliweran karena mungkin juga kita agak jauh dari pusat amed kali ya. Setelah selesai makan kita coba cari pantai Lipah dan setelah sampai di pantainya baru deh keliatan turis2 lagi pada nyantai di pantai dan main-main serta snorkelin. Sejauh mata memandang gw berasa orang asing di tengah orang asing hehe.
Ternyata pada saat kita sampai di pantai Lipah lagi sedang surut dan kalau mau snorkeling harus hati2, dan pantai2 di area ini tidak berpasir putih, buat yang berharap melihat pasir putih gak bakalan ditemukan di area ini, karena pantai disini berpasir hitam pekat, karena efek dari gunung berapi Agung, Sehitam pasirnya sebening airnya itulah AMED, Pantainya bersih dan semua orang bisa dengan asik main di tepi pantai dan snorkeling.
Sempat ada kejadian panic attack menimpa gw hahaha. lagi asik2nya baru mau mulai snorkeling berasa tiba2 karang cantik itu deket banget ama muka gw (dampak surut), karena kaget gw cepet2 mengayuh kaki gw sampai gak sengaja malah menyentuh karang itu alhasih lecet2 lah paha gw hikss, setelah itu gw putusin balik ke tepi dan duduk aja di pantai sementara suami gw masih terus main2 di tengah laut hiks.





Kembali ke hotel lapar lagi setelah snorkeling haha, dan ternyata tepat di sebelah hotel ada minimarket, makan eskrim enak nih, sebelum naik keatas dan Malam ini kita gak keluar kemana2 dan makan malam di hotel aja.

Day 2, Snorkeling di Jemeluk Bay, Dinner di Warung Enak

Bangun pagi rasanya enak banget ya kalau pas kita bangun tuh kita bisa lihat pemandangan yang bagus kaya gini, bisa gak sih yang kaya gini dipindahin ke jakarta xixi
Setelah kemarin kita jalan kearah sisi kanan dari hotel, pagi ini kita mau jalan ke arah sebelah kiri hotel. Sambil cari2 spot snorkeling dan pingin cari dimana jemeluk bay, awalnya sih gw gak tau jemeluk ini tepatnya dimana karena disini katanya ada kotak pos yang ditanam didalam laut. 
tempat snorkeling pertama


Jemeluk Bay dibawah sanaa
Karena Penasaran dimana kotak pos yg ada didalam laut setelah cari2, akhirnya ketemu juga yang ternyata kotak pos itu ada di Jemeluk Bay dan letak Jemeluk Bay adalah dibawah sana, yuks mari kita kebawah sana, untuk ke sini ternyata ada area parkirnya baik mobil, bis, maupun motor, dan buat yang gak punya peralatan snorkeling, bisa disewa disekitar pantai banyak yang menawarkan sewa dengan harga sekitar 50-75 ribu seharian. Begitu kita sampai dibawah dan setelah parkir, kita banyak disamperin para calo2 restoran yang awalnya gw gak tau juga nih orang mau  ngapain ngukutin kita, yang ternyata mereka adalah pegawai restorannya yang terletak ditepi pantai di jemeluk bay. Awalnya sih kita udah antipati duluan, tetapi tawaran mereka cukup ok juga, kita diajak mampir ke restoran dia, dan dia menawarkan untuk menyewa bangku pantai tapi kalau kita makan siang di restorannya kita dikasih bangku pantai gratis dan harga makanannya pun masuk akal lah, walaupun agak sedikit mahal. tapi demi bangku pantai dari pada panas2an.














Huaaaaa pingin lama disini tapi waktu ga cukup, time to go back to hotel dan istirahat sebentar untuk makan malam di Warung Enak.  Yang letaknya agak kebawah dari hotel tempat kita menginap, sempat ragu juga nih secara daerah sini masih gelap bow kalo malam,  beda banget deh ama kuta. Makanan di warung enak ini bervariasi ada western, makanan bali dan tentu aja barbeque donk dan rasanya emang bener2 enak yumm dan sangat recomended, disini gak dibedain harga lokal maupun asing kayanya sama semua deh, judulnya mahal haha tapi masih mahal wajar kalu kata gw sih. Yang makan di warung ini lebih banyak turis asing sih, ya emang Amed lebih banyak turis asing dari pada lokal. Kalo temen2 gw tanya mau kemana lu? ke Bali chuy.. kemana di Bali? Ke Amed.., Amed?? dimane tuh??.. ya di Amed, makanya kalau ke Bali jangan ke kuta melulu hahaha.

Day 3, Bye Amed, Bye Bali, On the Way to the Airport and Home sweet home.
Pagi ini setelah sarapan dan barang2 udah dipacking semua dan buset berat aja nih. selesai sarapan kita check out dan siap untuk ke airport langsung dari Amed.
Memakan waktu 3 jam an sampai di Airport Bali udah janjian sama pegawainya pak Wayan untuk serah terima mobil dan ambil balik KTP. Kita masih punya waktu banyak sih ini karena pesawat kita take off Jam 3 Sore. tapi akibat snorkeling kelamaan dan terlalu lelah mungkin, hidung gw ini gak bisa berkompromi, alhasil gw terserang flu dan mampet berat ini hidung, haduhh mana mau terbang lagi, Akhirnya di Aiport cari inhaler dan obat flu untuk jaga2 dipesawat, mana di airport dingin pulak brrrr. sambil googling cara ngatasin supaya kuping gw gak sakit waktu di pesawat gw pake inhaler dan siap2 minum airnya banyak dan akan gw minta earplug nanti.. karena gak boleh bawa air jadilah gw beli air di aerport, BTW airport tax bali sekarang Rp. 75,000.- Mahal yak mahal emang karena udah bagus juga sih airport nya. ummmm tapi gak sesuai juga sih dengan fasilitasnya seperti taxi yang muahal, dan pas juga gw mau beli aqua harganya 17 ribu. haaaahhh?? muahal banget yak udah kaya di cafe ajaa, pake acara kembaliannya kurang 1000. karena udah mahal walaupun kurang seribu tanpa malu gw tagih balik donk.. seribu  gw mana mba?? kembalian gw kok cuma 2000. kan harga aqua 17.000 harusnya kan kembali 3000. akhirnya gw buat tuh kasir kelabakan nyari 1000 perak hahahaha biarinnnn. masa udah mahal masih lagi kurang kembalian gw.
Niat pas Boarding mau minta earplug sama flight attendance "Garuda" eh dijawabnya maaf bu kami tidak menyediakan earplug buat penerbangan domestik. Lahh trus gw lagi flu parah nih mba, iya ga ada bu... yiekkksss gak ada usahanya pulak, pengalaman naik sriwijaya air masih mendingan karena pas gw minta earplug (kasus sama) dikasih kapas untuk tutup telinga gw. 
Anywei... Baliii Balii..dengan segala kekurangan dan kelebihannya Bali emang top deh, Pariwisata di Bali pun Top dan Bali memang pantas jadi tempat destinasi semua turis baik lokal maupun manca negara. Gw aja belum semuanya gw jalanin Bali, maybe next time gw mau pergi ke Lovina dan Pulau Menjangan atau sisi lainnya Bali. 
Bye Bali, gw akan selalu  kembali. 



No comments :

Post a Comment