Friday, February 24, 2017

Traveling Korea #4: Seoul (5Days) - (25-29 November 2016) _ Day 1 & 2

Day 1 : Sokcho to Seoul, Gwangjang Market, Cheonggyecheon Stream, Myeongdong.
Bersambung dari tulisan gw yang di Sokcho 
Didalam bis yang kita tumpangi menuju Seoul dari Sokcho selama 3 jam, ternyata membuat gw dan suami merasa kepanasan padahal diluar udara dingin, mungkin karena gw duduk di baris paling belakang, karena tadi gw beli tiket nya buru-buru, 15 menitan sebelum bis berangkat, jadi dapat bangku sisa, begitu dapat tiket ke toilet dlu dan bus cuzz berangkat ontime, sempet kehilangan suami gw kemana nih yang ternyata beli jajanan dlu xixi.
Sesampai di Express Bus terminal kita langsung menuju hotel Factory yang dekat dengan Jongno 3(sam) ga station. Jongno 3(Sam) ga ini dilewati oleh 3 line subway yaitu Line 3, 5 dan 1 dan untuk lebih jelasnya mengenai hotel tempat kita menginap akan gw review dalam post yang terpisah. 
Walaupun Hotel Factory dilewati 3 line namun jarak dari satu line ke line lainnya lumayan jauh karena harus jalan dari ujung satu ke ujung lain dan turun trus naik lagi, karena hotel ini dekat dengan Jongno3sam ga jadi kita gak perlu kuatir mengenai transportasi selama di Seoul.
Sedikit agak membingunkan ketika kita keluar dari Exit 5 untuk menuju hotel tetap saja membuat kita nyasar walaupun sudah menyimpan petunjuk arah, karena hotelnya berada di jalan kecil dibelakang ruko2. 
Itinerary kita selama di Seoul adalah :

Day1:Sokcho-Seoul, Gwangjang Market, Cheonggyecheon Stream, Myeongdong
Day2:Changdeokgung Palance,  Changgyeonggung Palace, Gyeong bokgung Palance, Dongdaemun Area
Day 3:Bukchon Village, Namsan Tower, National Palace Museum, Gwanghwamun Square, King Seojong Story Museum.
Day 4: Nami Island, Dongdaemun Design Plaza, Myeongdong.
Day 5: Seoul - Hongkong

Setelah sampai di kamar hotel, kita istirahat sebentar untuk sebentar sore kita mulai keliling2 yang tujuan pertama kita adalah Gwangjang Market. Kalau tidak salah inget hufft faktor u.. Hotel kita itu walaupun ada 3 line yang lewat namun yang terdekat ke exit 5, Jongno3ga adalah line 5, jadi kalau mau startnya dari line 1 maupun 3 harus jalan turun naik belok2nya lumayan jauh namun nyaman sih karena kan jalan di underground.
Gwajang Market dari Jongno3ga - naik subway line 1 hanya 1 stop di Jongno5ga exit 8, begitu keluar langsung gak tau dimana hehe, tapi kita Pede aja jalan dan akhirnya menemukan pasar Gwangjang hampir mirip sih sama pasar2 modern yang ada di Indonesia hanya saja ini lebih luas dan banyak turis dari berbagai negara yang mencoba berbagai makanan tradisional korea dan gw sukanya disini tidak banyak scam seperti di Indonesia (Sedihnya gw ngomong kaya gini, kalau di sini lihat turis pasti harganya di getok 200 kali lipat), di pasar ini harga dari segala jenis makanan maupun snack rata-rata sama dari 1000-5000W, semua rata, baik yang beli muka putih atau hitam, mata sipit atau belok, rambut pirang atau hitam hehe, walaupun kalau di rupiahkan akan jatuhnya mahal juga namun mengingat porsi dan pelayanan ajjumma nya jadi akhirnya harganya jadi fair buat kita. Pertama kita harus coba bakwannya korea yaitu mungbeen cake namanya apa gw jg ga ngerti sih xixi, dari kacang hijau di giling dan dihancurkan lalu digoreng.




Setelah mencoba kue tadi yang porsinya lumayan besar dan membuat gw cukup kenyang. Dan Sambil terus keliling lagi akhirnya jatuh pada 1 warung yang Ajjummanya banyak senyum hehe kita duduk disini dan menikmati Bibimbab didalam hotpot dan Mandu Soup yang yummmmy, dengan harga masing2 5000w sajah. Sambil bertegur sapa dengan turis cantik asal China yang merekomendasikan kami Bibimbab yang kata cewe itu Zhe ge Hauce.. no english sambil menyilangkan tangan dan geleng2 hehe.. gw membalas dengan senyum xie xie, Zhonguo ren? Hao..Xiexie Xiaojie. 









 
Ajjummanya malu difoto xixi

Ini dia ramainya Gwangjang Market
Setelah selesai dan perut rasanya mau meledak kita siap2 mau jalan lagi keliling2 area dekat2 disini, kita sempat menemukan site yang entah itu apa bentuknya seperti benteng atau Fort namun kita urungkan kesana karena sudah kesorean dan akhirnya menyesal karena gak sempat balik lagi kesana dan karena pasar ini juga dekat dengan Dongdaemun dan tak sengaja kita jalan tiba di Cheonggyecheon Stream yang menurut gw sih biasa aja xixi, sambil berjalan menelusuri sisi stream yang lumayan panjang ini menikmati sore yang dingin pake banget di Seoul dan kaki ini sudah mau protes juga akhirnya kita memutuskan untuk naik kembali ke subway station untuk ke myeongdong, agak sedikit bingung karena sudah berjalan lumayan jauh xixi sampai kita gak tau udah dimana, namun gak usah kuatir sih tinggal lihat offline map atau screen capture dari map yang sudah gw simpan dan menebak2 akhirnya ketemu juga dengan subway station. dan menuju Myeongdong pusat perbelanjaan yang terkenal itu. 








Setelah Tiba di Myeongdong jadi teringat nanjing di shanghai atau wangfujing di Beijing namun dalam versi lebih kecil dan lebih ramai dan streetfoodnya lebih bervariasi, tapi apa daya makanan dari Gwangjang market masih belum turun di usus gw jadinya masih kenyang banget dan walaupun banyak makanan menarik untuk dicoba namun sayangnya kita lagi kenyang banget huuu.. 


Oppa lagi ngamen...










Setelah puas keliling sambil kebelet pipis akhirnya budget tak terduga pun keluar kita harus mampir ke krispykream untuk numpang pipis dan beli minuman hangat yang ternyata gak perlu beli juga gak apa-apa wekk haha. Kembali ke Hotel dan istirahat untuk besok pagi kita kembali jalan lagi..

Biaya yang kita keluarkan untuk hari ini untuk kita berdua adalah :

Bus Daepo Hang Ke Express bus terminal Sokcho -  W2,400
Bus Sokcho to Seoul - W36,200
Snacks - W8,000
Gwangjang Market - W14,000
Myeongdong Coffee - W4,800
Late Snacks - W3,300
Total : W68,700 X 12.3 = Idr.845,010.- 

Day 2 Seoul : Changdeokgung Palance,  Changgyeonggung Palace, Gyeong bokgung Palance, Dongdaemun Area
Bangun Pagi agak kurang Jelas karena kamar hotel yang kita tempati agak gelap yang ternyata sudah cukup waktu untuk kita siap-siap memulai hari ini, sambil setelah bangun kita menuju ruang makan untuk self service breakfast yang hanya ada roti dan sereal, susu, dan temannya dan cukup untuk memulai hari yang rencananya kita akan mengunjungi palaces yang ada di Seoul. Pagi ini dinginnya kota Seoul sangat amat menusuk namun apa daya walaupun dingin kita harus siap untuk jalan. Setelah melihat di peta ternyata lokasi Changdeokgung Palance hanya 800 meter berjalan kaki jadi kita memutuskan untuk berjalan kaki di pagi yang lumayan duingin bangettt.. berjalan kearah kiri dan ke kanan dari gang keluar hotel dan tinggal lurus saja 800 mtr langsung kita ketemu gerbang Istana Changdeok, Kita beli tiket seharga W3000 dan menuju pintu masuk Gerbang kita di cegat sama group KTO untuk isi form dan sebagai bentuk penghargaan karena kita sudah mengunjungi Unesco world heritage nya Korea, mereka memberikan kita Suvenir Tas tangan yang cantik. Petualangan memasuki istana yang sangat luas ini membutuhkan waktu yang lumayan panjang, jika kita mau memasuki semua area, disini banyak juga anak2 sekolah yang diajak gurunya untuk wisata sambil belajar, sepertinya dan banyak juga keluarga yang berjalan-jalan kesini. Nampaknya hari ini tidak terlalu ramai, sambil menelusuri istana ini dan udara semakin dingin dan sedikit rintik2 seperti air turun dikepala gw yang gw belom sadar ternyata itu Salju.. yeay salju pertama dan terakhir di Seoul  karena hanya turun salju dihari ini aja selama gw di Seoul xixi sungguh gw beruntung yak.. Setelah kita puas keliling sambil tiba di gerbang berikutnya yaitu istana Changgyeonggung yang dikenakan W1000 untuk masuk ke area ini dan selanjutnya kita akan telusuri disini, sangat unik dan menarik melihat2 bangunan dan tamannya yang tertata apik seakan kita dibawa kembali ke beberapa ratus tahun lalu saat kerajaan Jeoson atau kerajaan Goreyo saat Daejang Choi Young Lee min ho menculik gw hahaha menghayal, namun saat kita melihat ke kejauhan nampak gedung2 bertingkat dan baru inget kalau kita di tahun 2016 (halahhh.. haha) tidak terlalu detail kita keliling di istana ini karena udaranya semakin dingin dan kaki kita udah mulai pegel banget, akhirnya kita menemukan pintu keluar istana dan menuju istana selanjutnya yaitu Gyeongbok Gung..






















Changgyeogung



Menuju Gyeongbokgung yang awalnya mau berjalan kaki tetapi gak tahan dengan udara yang dingin plus kaki udah cenat cenut, jadinya kita memutuskan untuk naik taxi, ternyata naik taxi di korea kita gak perlu kuatir akan di tipu oleh pak sopirnya karena pak sopir di korea itu baik banget sama turis dan dia akan mengantar kita tepat di tempat yang kita mau tanpa muter2 dan di argonya 3400 walau kita kasih 3500 pasti akan dikembalikan 100 oleh dia tanpa kita minta. Sesampainya di gerbang Gyeongbokgung agak sedikit tidak biasa hari itu karena banyak bus2 polisi dan polisi berjaga2 di pintu gerbangnya setelah beli tiket gw pun di periksa oleh polisi yang ada di gerbang, mereka meminta gw untuk buka tas gw dan ada kertas itinerary dan ticket pun dia minta ijin untuk dibuka, karena gw pikir memang seperti itu prosedurnya secara gw orang indonesia udah gak kaget kalau diperiksa karena di Jakarta kalau mau masuk ke Mall saja harus di periksa dan ini  mau masuk ke dalam istana, setelah masuk ke dalam istana Gyeongbok yang agak sedikit lebih ramai dari 2 istana sebelumnya dan istana ini lebih luas, baru menuju halanan luar eh salju turun dengan lumayan lebat dan gw pun sangat girang xixixi.. akan membutuhkan banyak waktu untuk  menelusuri istana ini yang saat itu sedang dingin dan hujan salju namun tak mematahkan semangat kita berdua akan tetapi tetap saja saat seperti ini akan tidak maksimal karena cuaca hari ini.. setelah capai berjalan kita menemukan cafe didalam halaman istana ini untuk menghangatkan badan kita dan mampir kedalam dan membeli kopi serta sedikit suvenir magnet untuk dibawa pulang. Sedang asik duduk semua pengunjung di beritahu kalau cafe akan segera tutup aigooo padahal lagi enak-enaknya santai menghangatkan tubuh, setelah dengan terpaksa kita meninggalkan cafe kita menuju pintu keluar istana yang ternyata saat itu sudah ditutup untuk pengunjung dan di depan istana sudah penuh orang dan ramai petugas keamanan tentara dan polisi yang ternyata baru gw tahu setelah sampai di Jakarta bahwa saat kita disana ada Demo mahasiswa atau masyarakat korea menuntut presiden mereka untuk turun karena kasus korupsi.. oh lalalaa.. pantes pemeriksaan ketat saat gw masuk istana dan ramai polisi dan orang2 bawa tulisan hangul yang gw gak ngerti artinya dan lilin.. namun tak usah kuatir walaupun saat itu ada demo, kita sebagai turis tetap aja seperti orang biasa dan tidak terganggu dan rasanya aman, namun agak ramai saja rasanya seperti di pasar xixi.. dari sini kita mencari subway untuk kembali menuju hotel untuk sedikit makan siang yang telat dan sebentar malam akan keluar lagi, Kita akhirnya memutuskan untuk makan sorenya di dekat area hotel dan ketemu dengan restoran lokal yang enak dan murah.












Setelah makan sore kita kembali ke hotel untuk istirahat sebentar dan nanti agak malam kita akan menuju area Dongdaemun.
Setelah istirahat mandi2 kita kembali keluar lagi dan menuju Dongdaemun area untuk mengelilingi mall, banyak mall2 besar berada diarea ini dan bukan hanya itu saja, mall2 ini jam operasinya selama 24 jam dan sambil sedikit cari oleh2 di toko Arirang yang ada di Doota Plaza, menuju Dongdaemun dari Jongno3ga sangat mudah tinggal 1 kali naik subway. Setelah sampai disini membeli sedikit oleh2 dan makan buah Strawberry yang besar dan manis, akhirnya kesampaian juga gw makan buat strawberry berukuran besar yang manis, setelah puas kita kembali menuju area Jongno untuk makan malam, area ini banyak resto lokal jadi gak usah kuatir kalau lapar.















Pork cutlet yummm tapi kurang saos barbeque atau saos sambel hiks



Badan lelah, kaki pegel, udara dingin, dan kekenyangan itulah kita xixi, petualangan hari ini selesai dan kitapun akah beristirahat untuk esok hari memulai petualangan yang baru..

Biaya hari ini untuk berdua adalah :

Changdokgung - W6,000
Changgyeonggung - W2,000
Gyeongbokgung - W6,000
Taxi to Gyeongbok - W3,400
Magnet + Hotchoco - W13,500
Lunch - W12,000
Snack - W6,700
Dinner - W14,000
Topup Tcard - W16,000
Total = W79,600 X 12.3 =Idr. 979,080.-

Bersambung...

No comments :

Post a Comment