Saturday, November 5, 2016

Traveling Korea #1 : 2016-11 Persiapan Gono Gini

Sejujurnya traveling ke Korea ini gara-gara terlalu banyak nonton K-drama maklum gw ini termasuk salah satu pencinta K-drama, Lama kelamaan membuat gw suka dan tertarik untuk mengetahui apa aja yang ada di negara ini dan wisata serta budaya apa yang mereka punya, disamping negara ini memiliki 4 musim yang termasuk dekat dari Indonesia kalau kepingin ngerasain musim dingin xixi dan plus ganteng dan cantik2nya para aktor dan artis korea hehe. kali aja gw bisa ketemu sama Lee Min Ho haha. 
Sebenarnya sih maksud hati pengen banget balik lagi ke China karena banyak banget tempat di China yang menarik perhatian gw dari negara tertutup yg dijuluki tirai bambu sampai menjadi Negara maju yang amat sangat modern dan terbuka bagi wisatawan. 
Hobby nonton Kdrama ini membuat gw jadi ingin tahu tentang Negara satu ini terlebih lagi karena suami gw juga pernah dinas di korea waktu masa2 dia masih bekerja di militer, apalagi setelah keseringan nonton Kdrama historical yang dikemas menarik mengenai sejarah negara mereka sampai terbentuknya Republik Korea Selatan dan kenapa sampai mereka terpecah dua, menjadi bagian Utara dan Selatan (baca wiki) bagaimana mereka akhirnya punya bahasa dan tulisan sendiri. Sangat menarik.
Dan Setelah gw cari-cari info mengenai tempat2 wisata di Korea ternyata juga banyak. Dan di Semua drama korea apik juga mempromosikan tempat2 wisata mereka membuat gw juga kepingin tau seperti apa Negara ini. 
Sebelum memulai traveling kemanapun tujuannya kita harus melakukan persiapan2 yang diperlukan dan yang lebih utama kita harus tau tujuan kita kemana dulu hehe 

1. Menentukan Negara Tujuan
Dalam menentukan tujuan traveling kita bukan menggunakan Capcipcup belalang kuncup yaa haha atau Eeny, meeny, miny, moe kaya WD S7 #Glenn oh Glenn hikss, huss jadi ngacir kesana haha, bisa juga sih kalau kita punya keuangan yg mapan sambil berandai2 xixi. Tujuan gw thn 2016 ialah Korea, setelah tahu tujuan kita baru deh kita Nabung. 

2. Menentukan waktu yang baik
Hindari high season (mahal) atau hindari Liburan nasional negara yang kita tuju, karena pasti akan lebih mahal dan sudah  pasti akan lebih ruame, dan cek konsisi udara, buat gw warga negara Tropis yang pengen ngerasa-in Winter sebelum "tua" tapi takut-takut gak kuat hehe jadilah gw ambil liburan di musim semi namun menjelang winter #garukkepala tetep penasaran sama winter (norak yak hehe) walaupun byk yg bilang dingin, termasuk suami gw yg bilang you are not gonna like it... secara waktu di Dieng aja pas malam hari gw keluar kamar mau cari makan langsung ngibrit ke dalam lagi haha karena dingin diluar hehe. Tapi akhirnnya jadi jg gw pilih sekitar November pertengahan sampai akhir suhu udara sekitar 2 - 8 derajat C.

2. Transportasi
Setelah menetapkan Tujuan yaitu Korea, langsung tanpa basa-basi mulai2 deh rajin cari-cari tiket murah, seandainya suami gw punya ukuran rata2 orang asia, jadi gw bisa naik budget airline yang tentu saja lebih murah, namun dari hasil tanya sana sini dengan teman yg sudah pernah naik budget airline, jawabannya adalah "garing" apalagi kalau penerbangan dengan jarak tempuh lebih dari 2 jam haha, tapi tidak menutup kemungkinan juga sih, kalau bener2 murah kenapa tidak, tetapi setelah membandingkan sana sini antara budget dan regular ternyata bedanya tidak terlalu jauh dengan full service jadilah kita lebih memilih penerbangan regular tetapi yang sedang buka promo, kalau ini harus rajin rajin dan sering2 buka websitenya. Dan suatu saat.. jreng jreng gw liat Cathay Pasific lagi promo yippieee. udah banding sana sini, karena pengen coba airline ini yang bisa layover di Hongkong, yang kalau gw cek harga normalnya gw gak akan mampu, akhirnya booking jg dan dapat Ticket pesawat PP seharga Rp. 6,037,900 agak mahal sih malah lebih mahal dari promo waktu SQ sih. Namun gak apalah kan sesekali kita coba terbang dengan burung besi andalannya Hongkong dan Rute yang gw ambil adalah JKT-HK-Seoul-HK layover-JKT. 

3. Itinerary 
Berikut adalah garis besar Itinerary dan nanti detail nya akan gw share dan akan bertambah seiring dengan waktu dan hasil google search gw dan nanti akan gw share di post berikutnya. 

  • Jkt - HK - Seoul by Cathay Pasific
  • Seoul - Jeju by Jeju Air
  • Jeju - Seoul - Sokcho - Jeju Air dan Bus 
  • Sokcho - Nami (masih mikir apa perlu ke Nami) - by Bus
  • Nami - Seoul by Bus
  • Seoul - Jeonju or Jinhae - Seoul - Day Trip by Bus
  • Seoul - Hk by Cathay P
  • HK -  Macau - HK - Day Trip by Ferry
  • HK - Jkt - By Cathay P
4. Visa
Ngurus visa korea agak deg-degan eneg hehe soalnya sejak akhir thn 2015 gw udah jadi Ibu Rumah Tangga 100% alias pengacara alias penganguran banyak acara alias kerja dirumah mengurus rumah alias tergantung gaji suami xixi. Untuk syarat korea Visa google sendiri yaaa, urus sendiri gampang kok. Gw mengurus sendiri visa nya pagi jam 08.00-11.00 men-submit dokumen dan 4-5 hari kemudian, siang jam 02.00-04.00 untuk mengambil paspor kita setelah visa keluar dan bisa terlebih dahulu di cek online sebelum kita kesana. Datang ke kedutaan Korea gak mencekam seperti kalau datang ke kedutaan lainnya kok (berdiri di luar gerbang kedutaan US gegara nganter suami aja gw takut xixi), disini santai banget ternyata untuk apply visa bisa pakai kostum apapun gak harus formal dan pakai sandal jepit pun dikasih masuk. Uniknya untuk negara asia yang satu ini mewajibkan kita menyerahkan bukti keuangan 3 bulan terakhir, gak cukup hanya itu surat referensi yang dikeluarkan oleh bank pun harus kita lampirkan dan karena gw tidak bekerja jadi surat referensi bank suami yang gw lampirkan dan tambahannya surat referensi bank gw sendiri. Gak perlu saldo yang besar kok, mereka hanya melihat aktifitas rekening kita, gw melampirkan referensi bank BII yang mana rekening tersebut adalah rekening KPR gw hehe yang saldonya yaaaa saldo KPR juga xixi. Catatan bahwa besarnya Saldo itu gak penting, yang penting adalah rekening kita terlihat aktif. 
Biar gak bolak balik baca benar2 syarat2 korea visa dan print out sendiri formnya karena ada ibu2 yang datang langsung minta form gak dikasih sama petugasnya. Kalau gw dari pada bolak balik yang pasti diminta oleh mereka, gw langsung lampirkan aja sebagai dokumen pendukung seperti Surat permohonan visa in English (untuk Ibu RT/Pensiunan) ditanda tangan suami dan pakai materai, copy identitas suami, Copy Form A1 gw yg 2015 (masih kerja jadi masih punya), copy surat referensi kerja terakhir, Copy PPB rumah, Copy ticket pesawat (Cathay dan Jeju Air), Copy Hotel walaupun belum semua gw booking, Itinerary beserta budgetnya (makanya gw buat Itinerary dlu sebelum visa), copy tagihan kartu kredit gw 3 bulan terakhir. Puji Tuhan Visa gw pun di approved.

5. Penginapan/Hotel
Sampai saat ini sih booking penginapan via Agoda sih yang selalu jadi, one of the best buat gw ya, karena bisa bayar pakai kartu atau bisa mengatur kapan kita bayar. Ada orang yang senang bawa uang cash langsung bayar di Hotel tapi buat gw itu merepotkan dan beresiko selain beresiko hilang di ambil orang atau meluap dipakai sendiri hehe, walaupun sudah dipisahkan kadang tetep kalau silap mata belanja bisa terpakai uang hotel. Selain resiko hilang, resiko kepastian sudah ada ditangan dan bisa mengatur pembayaran juga, jadi saat kita pergi hotel sudah lunas dari tagihan kartu kredit. misalnya gw rencana traveling ke 4 kota, 4 bulan sebelumnya sudah booking 1 hotel di 1 kota, lalu bulan berikutnya 1 lagi dan seterusnya, nah saat kita sudah waktunya mau pergi kita gak ada beban di kartu kredit kita. Sebagai Turis acting "gembel" dalam mencari hotel di Korea dan Hongkong susah bener yang murah plus nyaman, yang ada mahal plus nyaman, aniwei kita juga kan gak ngendon dihotel seharian, jadi fasilitas gono gini yang gak penting bisa dihilangkan untuk meminimalisasi harga hotel dan gw selalu mencari hotel murah dengan review bagus, budget gw buat hotel adalah sekitar 500rban haha tapi kalau kesini sudah pasti harus dinaikan level harganya jadi 800rb an atau paling pahitnya Rp.1 jt dan itu udah maximal banget. Walaupun murah gw selalu compare review hotel yang gw tuju di beberapa website walaupun setiap penginapan pasti ada aja yang menurut review ada yang kurang. Tiap saat berpergian dalam mencari penginapan buat kami yang penting adalah Kasur, AC/Heater, Airpanas, Jendela, dekat subway dan 1 lagi yang baru sekarang ini buat kami is a must yaitu WIFI biar exist haha, engga deh, wifi berguna untuk cari info jalan dan tujuan yang akan kita tuju keesokan harinya. 
Jadi hasil pencarian gw yang sudah gw book adalah (Review beserta detail dan fotonya menyusul..)
Jeju - Goodstay December Hotel 3 Malam Rp. 2,060,153.-
Sokcho - Marine Guesthouse 2 Malam Rp. 816,000.-
Seoul - Hotel Factory - Jongno 4 Malam Rp. 2,787,886.-
Hongkong - Homy Hotel Central 2 Malam Rp. 1,554,566.-

Total biaya berdua untuk transportasi dari dan menuju korea dan hotel dalam trip ini adalah :

Pesawat (jkt-seoul) Rp. 12,075,800 (mahal ya hufftt)
Pesawat (Seoul-Jeju-Seoul) Rp. 1,337,462
Hotel Rp. 7,218,605 (Termasuk HK hotel)
Total = 20,631,867.-


Bersambung... 

No comments :

Post a Comment