Saturday, May 21, 2016

Must Eat This Food : Pontianak, Kal Bar 2016

Setelah Hampir 1 tahun semenjak suami bertugas mengajar di Pontianak, satu hal yang pasti ngangenin kalau kita berdua udah ga tinggal di kota ini lagi adalah kulinernya, dan setiap hari setiap rumah makan dan warung kopi di kota ini selalu penuh pengunjung. Dibawah ini adalah beberapa makanan dan tempat makan yang harus dicoba jika kita ada di kota ini

Restoran Pak Usu
Restoran ini ada dibeberapa tempat di kota Pontianak, salah satunya di dekat jalan merdeka, dimana di restoran ini tersedia berbagai macam menu, ada ayam goreng, ayam bakar, sop Ikan, bubur Ikan, Sushi dan menu Desertnya bervariasi ada Ice cream dan es campur dan rasanya enak dan harganya pun sangat terjangkau kantong, gw udah pernah coba menu ayam dan bubur ikannya semuanya yummmm..


Dbamboo
Sama halnya dengan Pak Usu, Dbamboo juga ada di beberapa tempat di kota Pontianak ini, dengan menu berupa ayam Goremg/Bakar dan mie Ayamnya dan yang spesial adalah Caikue Gorengnya dengan harga yang Terjangkau kantong dan Yummm, restoran ini patut dicoba kalau kita berada di Pontianak


Bakmie Pemangkat
Lagi yang spesial dari Pontianak adalah Bakmi Kepiting dan tentu saja dengan daging Babi Merah gak ketinggalan buat yang makan Babi tentu saja ini gak boleh dilewatin, dengan harga yang terjangkau dan enak, Bakmi ini terletak di Jalan Siam di daerah sekitaran Gajah Mada.

Ice Cream Angi
Jangan Ditanya karena semua blog maupun rekomendasi tempat makan yang paling enak di Pontianak Es Cream Angi ini paling Enak dan selalu di rekomendasikan orang2 dan setelah gw coba dan emang betul sangat Yummiee dan patut dicoba, tempat makan ini terletak di seberang sekolah Petrus kadang anak2 pontianak ini nyebut resto ini dengan Es Krim Petrus.


Berbagai Nasi Ayam plus Sate Babi.
Nasi Ayam judulnya doang tapi yang pasti ini seperti disebut nasi campur di Jakarta yang isinya ada macam2 dan rupa2, yang ini kalau kalian gak makan Babi jangan disentuh yaa, hehe, di dalam nasinya ada babi merah, babi kecap, sayur asin, telur, slurrpp ngebayanginnya aja gw udh ngiler, dengan harga Rp. 27,000.- terletak sebelum KFC di Jalan Gajah Mada. Ada nasi Ayam AFU, ada Joni, etc banyakkk dan Sebenarnya nasi Ayam ini bertebaran dimana2 di Jalan Gajah Mada dan semua nya dah pasti enak, Seperti Nasi Ayam dibawah ini.

Kwecap Veteran
Sama halnya dengan nasi Ayam, Makanan ini mengandung Daging Babi dan teman2nya. Kwecap juga bertebaran dimana aja di kota Pontianak terutama di Jalan Gajah Mada dan Kwecap yang kebetulan gw dan suami coba adalah Kwecap yang ada di jalan Veteran, namanya Kwecap Veteran. ini Enak pake Banget hehe.

Grill Me
Tempat makan di Pinggir Jalan dekat gereja Katedral di seputaran jalan Patimura, Daging asam manis nya enak banget, cara makannya adalah kita mesan berbagai lauk dan lauk tersebut kita yang nge grill sendiri dan rasanya enak banget dan patut di coba.

Bakso PSP
Rasanya ada yang kurang kalau kita gak nyobain bakso yang satu ini, dengan menu bakso dengan taburan bawang putih goreng yang harum dan sambal yang ektra pedas membuat hidung meler dan baksonya juga mantap banget, Bakso PSP ini yang gw coba ada di Jalan Merdeka.

Pengkang dan Bacang ( yang ada di kampung kakap)
Awalnya gw gak tau pengkang itu apa yang ternyata kalau di jawa itu seperti ketan serundeng namun di Pontianak ketannya di dalam daun dan dibakar, serundengnya itu pake campuran Ebi, ini bener2 yummie deh, menurut teman kita yang asal Pontianak mereka sendiri belum nemu pengkang yang seenak di kampung Kakap di kota Pontianak, dan emang Pengkang ini endang bambang. hehe Kampung Kakap sendiri jaraknya 1 jam dari Kota Pontianak. Padahal yang jual itu anak2 pedagang asongan yang banyak banget di pasar yang ada di dekat tempat makan seafood yang ada dikampung yang namanya Kakap ini, dan harganya cuma 2000 saja, gw nyesel gak negbungkus bawa pulang. dan anak2 ini juga ada jual Bacang yang dari Ketan, sama seperti bacang pada umumnya namun bacang disini menggunakan Ebi(udang kering) dan didalamnya ada telur asin dan tentu saja Daging Babi dan rasanya enak pake bangetttt, harganya juga murah cuma rp. 10,000 ughhh enak enak.

Aneka Minuman Sari Kacang Hijau, Air Tahu dan Es Jeruk dan macam2 kawan2nya
Penasaran gw akhirnya terobati setelah gw mampir di pinggir jalan sepanjang jalan gajah mada banyak banget gerobak2 yang kokoh2 dan ceceh2 nya menjual Air Tahu dan Sari Kacang Hijau ini, awalnya gw dodol gak ngeh air Tahu itu apa, haha sangking penasaran gw beli dan ternyata itu susu kacang kedelai hahaha, suami gw juga udah ngeh cuma gw aja yang rada bolot hhahaha, yang ini patut dicoba kalau kita ke kota Pontianak. Dan juga Es Jeruknya itu loh, enak banget, hampir disemua tempat makan dan restoran ada Es Jeruk, kalau kita disini nyebutnya Es jeruk Pontianak, dan enak banget gw minum ini murni gak pake Gula, enak dan seger banget.


Pisang Goreng Srikaya
Tentu pernah dengar donk dengan nama Pisang goreng pontianak, akhirnya gw nyobain juga namun disini agak beda karena setiap pisang goreng yang disajikan pasti dengan selai srikayanya dan pisang goreng ini bisa kita temui di berbagai restoran yang ada , dan semua pisang goreng yang dijual disini dan yang gw udah coba dibeberapa tempat dari restoran maupun tukang gorengan pisangnya enak dan manis dan patut dicoba yummm.

Ce Hun Tiaw
Klu gw bilang ini cendolnya orang pontianak, Ce Hun Tiaw bisa ditemukan juga disetiap restoran yang ada, namun Ce Hun Tiaw yang gw coba ini Ce Hun Tiaw yang ada di jalan Merdeka (Karena gw tinggal di jalan merdeka hehe) dan bentuknya tempat jualannya adalah gerobak, didalam Ce Hun Tiaw itu ada campuran kacang merah dan semua bahan yang terbuat dari tepung beras, semua dicampur jadi satu dan dikasih gula merah dan santan dan rasanya yummie banget.. ini patut dicoba.

Cai Kue
Kalau kita di jakarta nyebut ini Coipan namun kalau di pontianak disebut caikue, dan baru gw tau kalau cai kue itu ada rupa2 isinya, ada ubi, daun kucai dan bangkuang, kalau gw lebih prefer bangkuan walaupun yang lainnya juga enak, Cai Kue juga ini juga bisa ditemukan di hampir semua restoran dan cai kue yang sudah gw coba di Bamboo dan di jalan Siam, harganya cuma sekitar 1000-2000 rp saja per Pcs.


Bakso Bakar
Pasti udah pernah lihat tukang bakso bakar dan sosis bakar bertebaran dimana2 baik itu di pamulang maupun di pontianak. Gw awalnya males nyobain makanan ini karena murah bukannya sombong tapi karena seiiring usia bertambah makanan yang masuk ke badan juga perlu kita jaga, karena agak gak pede dengan harga murah itu makanan terbuat dari apa, namun di pontianak gw memberanikan diri mencoba bakso goreng yang ada di pinggir jalan di jalan Merdeka, karena selalu ramai jadi gw penasaran, dan setelah gw beli dan coba rasanya pun enak  banget buat cemilan, baksonya buatan sendiri dan rasa pedas dari saosnya buat ga nahan mau caplok lagi, dengan harga pertusuk 1000 saja, enakkk.

Tanggooe Pizzeria
Kalau mau agak mewah dikit dengan tempat yang nyaman buat nongkrong dengan makanan westernnya seperti Pizza dan pasta datang aja ke tempat ini terletak di jalan A Yani yang mau arah ke Bandara ada sebuah hotel besar nah restoran ini ada didalam hotel tersebut, makanannya enak dan harganya terjangkau.

Durian Pontianak
Yang terakhir namun belum tentu juga hehe karena sisa waktu beberapa bulan lagi sebelum kita balik ke Jakarta, gw masih akan eksplore lagi kalau ada makanan yang enak.
Durian Pontianak ada di sepanjang jalan Teuku Umar, memasuki jalan ini semerbak durian udah kecium namun ada musimnya kalau lagi musim durian jalanan ini pasti penuh banget dengan orang2 penikmat durian, sayangnya suami gw gak suka durian jadi gw kalau mau kesini musti ajak yang lain supaya  gw gak terlalu rakus makan duriannya hehe. Harganya terjangkau dari 20,000 sampai yang mahal juga ada (gak tau juga sih gw yang mahal berapa) ini patut dicoba kalau datang pada musim durian.

Demikian beberapa makanan dan tempat makan yang gw rekomendasikan yang udah pernah gw coba kalau nanti adalagi akan gw update tulisan ini. Semangatt dan selamat Makan....

No comments :

Post a Comment